Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menata Dapur Kecil dengan Sempurna Menurut Profesional

Kompas.com - 11/01/2023, 15:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengorganisir dapur kecil mungkin tampak seperti hal sulit dan mengintimidasi, tetapi menurut para profesional organizer, tugas ini tidak jauh berbeda dengan mengorganisir dapur besar.

"Prosesnya sebagian besar sama. Dengan dapur kecil, ruang hanya harus bekerja sedikit lebih keras," kata Holly Blakey, organisator profesional di Breathing Room.  

Baca juga: Pilihan 5 Tata Letak Dapur yang Bisa Jadi Inspirasi di Rumah

Karena ruang penyimpanan yang terbatas di dapur kecil, Anda harus mencari cara-cara kreatif memaksimalkan apa yang dimiliki serta melakukan sedikit pembenahan.

"Karena ruang terbatas, dapur kecil membutuhkan sedikit lebih banyak kreativitas," ucap Joanna Wirick, pengatur kehidupan dan rumah profesional di Joanna Organize.

Untuk membantu Anda, para organisator profesional membagikan cara menata dapur kecil dengan sempurna dikutip dari My Domaine, Rabu (11/1/2023). 

Mulailah dengan menyingkirkan barang 

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Jadikan hidup lebih mudah dengan mengeliminasi barang-barang sebelum mengorganisirnya. Marissa Hagmeyer, salah satu pendiri NEAT Method, mengatakan salah satu bagian paling menantang dari bekerja dengan dapur kecil adalah tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup. 

Jadi, penting memeriksa barang-barang untuk menganalisis apa yang sebenarnya perlu  simpan di sana. Buang barang-barang yang rusak dan singkirkan apa pun yang tidak sering digunakan. 

Baca juga: 3 Cara Kreatif Membuat Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil

Prioritaskan barang penting

Selannutnya cara menata dapur kecil adalah memprioritaskan barang-barang penting Anda. Anda ingin barang-barang yang digunakan setiap hari rapi dan mudah dijangkau.

Wirick mengatakan, saat mengatur dapur kecil, fungsionalitas harus diutamakan. Ia merekomendasikan "menemukan rumah" untuk barang-barang penting dalam urutan ini: peralatan makan perak, lalu piring (piring, mangkuk, dan cangkir), dan alat memasak (spatula, whisks, dll.). 

Selain itu, panci, wajan, serta peralatan yang harus digunakan (eperti pembuat kopi dan oven pemanggang roti.  

Baca juga: Cara Mendesain Dapur Kecil Menjadi Lebih Terlihat Besar

Susun barang dengan rapi 

Ilustrasi dapur kecil, Ilustrasi tanaman hias di dapur.SHUTTERSTOCK/Michaela Komi Ilustrasi dapur kecil, Ilustrasi tanaman hias di dapur.
Di dapur kecil, ruang penyimpanan mungkin terbatas, tapi kabar baiknya banyak kebutuhan dapur yang bisa ditumpuk.

"Susun barang sebanyak mungkin. Jadi, susunlah piring, mangkuk, dan apa pun yang Anda bisa," ucap Wirrick. 

Hanya saja, jangan mencoba menumpuk barang yang tidak dapat ditumpuk karena bisa pecah dan berisiko terbalik.   

Baca juga: Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas dan Rapi

Pajang barang-barang favorit 

Salah satu cara menata dapur kecil yang menyenangkan adalah mengubah barang-barang tercantik Anda menjadi dekorasi atau pajangan.

"Pajang apa yang Anda bisa. Alih-alih menyelipkan barang-barang di lemari, letakkan barang-barang favorit Anda di layar (piring, mangkuk, dan cangkir). Rak terbuka adalah solusi bagus untuk tantangan dapur kecil," imbuh Wirick.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com