Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendesain Dapur Kecil Menjadi Lebih Terlihat Besar

Kompas.com - 25/11/2022, 07:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan area penting yang  digunakan setiap hari. Oleh karena itu, mendesainnya dengan baik harus dipertimbangkan, terlepas dari ukuran dapur itu sendiri.

Sebenarnya, dapur dengan berbagai ukuran dapat terasa lapang jika Anda mengetahui beberapa trik desain sederhana untuk memanfaatkan ruang secara maksimal.

 Dilansir Express.co.uk, Jumat (25/11/2022), Ruth Lavender, pakar desain di Benchmarx Kitchens and Joinery menjelaskan bagaimana cara membuat dapur kecil terlihat lebih besar dari aslinya dan apa yang harus dihindari rumah tangga saat mendekorasi dapur kecil.

Baca juga: Pilihan Tanaman untuk Dapur Menurut Feng Shui

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa memiliki ruang kecil adalah sebuah tantangan, tetapi itu tidak berarti Anda harus sepenuhnya meninggalkan ide dapur impian Anda sepenuhnya, tutur Lavender. 

Dengan pertimbangan yang cermat dan perencanaan yang cerdas, Anda dapat memaksimalkan ruang yang tersedia dan membuat desain berdampak yang memenuhi kebutuhan Anda dengan sempurna. 

Berikut beberapa cara mendekorasi dapur kecil agar terasa lebih luas. 

1. Warna terang

Menurut desainer, memilih warna yang lebih terang dan netral adalah salah satu trik tertua untuk membuat ruang tampak lebih besar. Ini karena warna-warna ini memantulkan cahaya lebih baik daripada warna yang lebih gelap, secara instan membuat ruangan terasa lebih terang.

Baca juga: Tips Menata Dapur Kecil agar Terlihat Luas dan Rapi

Memilih warna terang untuk dapur Anda tidak harus membosankan. Anda dapat menambahkan warna dengan memilih lemari putih atau abu-abu muda dan memasangkannya dengan warna tanah, seperti aksesori kayu hangat dan permukaan berlapis batu.

Selain itu, warna netral dapat melengkapi hampir semua warna aksen dan logam, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan dengan gaya pribadi Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com