Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menggunakan AC yang Membuang Listrik dan Uang

Kompas.com - 24/11/2022, 16:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditiong atau AC menjadi peralatan elektronik yang diandalkan saat cuaca panas, bahkan penggunaannya meningkat dua kali lipat. 

Hal ini tak lain lantaran dapat menyejukkan atau mendinginkan ruangan. Rumah atau ruangan yang sejuk tentu memberi kenyamanan dan betah berlama-lama di dalamnya. 

Baca juga: 10 Penyebab AC Bau Tak Sedap yang Perlu Segera Diatasi

Namun, perawatan AC penting diperhatikan untuk membuat peralatn tetap bekerja optimal, menghemat penggunaan listrik, serta berumur panjang.

Sayangnya, banyak pemilik rumah melakukan kesalahan ketika menggunakan AC. Akibatnya, membuat AC menyedot energi atau listrik serta cepat rusak.

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (24/11/2022), berikut kesalahan menggunakan AC yang membuang energi dan uang.

Baca juga: 3 Cara Memanfaatkan Air Buangan AC untuk Kebutuhan Rumah 

Menunggu musim kemarau untuk memeriksa AC

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.SHUTTERSTOCK/BUTSAYA Ilustrasi AC atau pendingin ruangan.
Meski penggunaan AC meningkat pada cuaca panas atau musim kemarau, bukan berarti mulai memikiran perawatan saat cuaca tersebut.

Melakukan perawatan sebelum suhu naik dapat membantu mencegah masalah AC sepanjang cuaca panas. 

"Lakukan sebanyak yang Anda bisa untuk mempersiapkan AC sekarang sehingga dapat menghindari perbaikan mahal dalam beberapa bulan mendatang karena kurangnya perawatan yang tepat," imbuh Mark Dawson, Chief Operating Officer di One Hour Heating & Air Conditioning.

Dawson juga mencatat bahwa perusahaan AC cenderung sibuk antara Juni dan Agustus, sehingga sulit menjadwalkan penyetelan saat musim panas sedang berlangsung.

Karena itu, mulailah bersiap lebih awal untuk memastikan AC dalam kondisi prima sebelum cuaca panas tiba.

Baca juga: Simak, Ini 5 Tanda AC Harus Dibersihkan 

Tidak memiliki termostat yang dapat diprogram 

Selanjutnya, kesalahan menggunakan AC adalah tidak memiliki termostat yang dapat diprogram. Menyesuaikan kembali pengaturan suhu secara terus-menerus dapat memberikan tekanan ekstra pada AC.

Termostat yang dapat diprogram menghilangkan kerumitan mengelola suhu rumah sepanjang hari, mengurangi biaya pendinginan, juga membantu unit AC yang lebih tua berjalan lebih efisien.

"Anda dapat memperpanjang umur AC lama dengan memprogramnya secara hati-hati dan mengurangi jumlah waktu yang tidak perlu digunakan," ujar Dawson.

Jadwalkan perubahan suhu pada malam hari atau saat Anda tidak di rumah agar AC tidak menyala secara tidak perlu. 

Baca juga: AC Tidak Dingin? Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan 

Mengabaikan filter udara 

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.
AC bekerja dengan mengisap udara dan melewatkannya melalui reaksi kimia cair ke gas ke cair yang terus-menerus. Reaksi itu memaksa udara di sekitarnya menyerap panasnya sehingga menurunkan suhunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com