Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 11:59 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap perangkat elektronik yang digunakan di rumah, misalnya unit AC, harus dirawat baik agar tetap dalam kondisi prima dan memperpanjang usia pemakaiannya. 

Karena itu, pemeriksaan secara rutin perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada bagian yang perlu dirawat guna mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Dilansir dari Ambience Air, Kamis (3/11/2022), berikut lima tanda AC harus dibersihkan.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menggunakan AC

Aliran udara buruk

Ilustrasi AC. Shutterstock/evrymmnt Ilustrasi AC.

Aliran udara yang buruk menjadi tanda paling mudah dikenali. Sederhananya, jika AC tidak memberi kesejukan saat cuaca sedang panas, artinya unit tidak melakukan tugasnya dengan benar.

Tergantung pada jenis AC, masalah ini bisa disebabkan beberapa hal seperti koil dan filter yang terblokir, kerusakan pada sabuk kipas AC, atau kompresor aus.

Koil dan filter AC yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menumpuk kotoran dan debu. Pada akhirnya, udara yang melewati tahap ini sebelum dikeluarkan ke dalam ruangan akan terhalang.

Baca juga: AC Tidak Dingin? Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan

Jika kipas blower AC rusak, ini dapat menyebabkan penumpukan es di dalam unit. Es bisa terbentuk ketika koil evaporator turun di bawah suhu beku dan kelembapan di udara tidak bisa dikeluarkan dari AC sehingga membeku di dalam unit.

Sementara itu, untuk keausan kompresor, ini dapat terjadi seiring waktu. Semakin sering AC digunakan, semakin cepat mengalami keausan. 

Tagihan listrik melonjak

Tagihan listrik yang lebih tinggi dari biasanya dapat menjadi pertanda bahwa AC bekerja lebih keras dari seharusnya.

AC membutuhkan lebih banyak energi jika kesulitan untuk berfungsi secara efisien. AC model lama juga menggunakan lebih banyak energi karena tidak memiliki teknologi hemat energi yang sama dengan model AC baru. 

Baca juga: 4 Perawatan AC yang Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah 

AC mengeluarkan bau aneh

Ilustrasi AC atau pendingin udara.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara.

AC yang mengeluarkan bau aneh tentunya tidak menyenangkan dan menyebakan masalah kesehatan. Bau aneh ini bisa berasal dari jamur atau lumut yang menumpuk di dalam unit.

Jika udara yang terkontaminasi disirkulasikan di dalam rumah, ini dapat menyebabkan penyakit serius atau alergi, terutama pada orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan serta lansia dan anak-anak yang lebih rentan.

Jamur dan lumut tumbuh subur di lingkungan lembap. Jadi, tidak jarang bisa berkembang dan menginfeksi unit AC.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Unit AC Sendiri di Rumah

Kebocoran atau kelembapan

Kelembapan atau kebocoran air dari sistem pendingin udara adalah cara mengetahui bahwa mereka tidak berfungsi baik.

Kebocoran dapat terjadi jika ada sumbatan di saluran pembuangan, pompa kondensat rusak, atau saluran pembuangan yang rusak. Jika tidak bisa diperbaiki, AC perlu diganti.

Baca juga: Waspada, Ini Risiko Kesehatan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-AC 

Suara yang tidak biasa

Ketika unit AC mengeluarkan suara tidak biasa, ini bisa disebabka sejumlah faktor seperti komponen yang kendur atau aus dan kebocoran refrigeran.

Suara yang berbeda seperti memekik atau mendengung menandakan hal berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa menghubungi tukang servis AC untuk mengatasinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com