Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Ini Risiko Kesehatan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-AC

Kompas.com - 24/09/2022, 20:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalakan AC atau pendingin ruangan di dalam rumah sangat menyenangkan dan nyaman, khususnya saat cuaca panas. Akan tetapi, terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari Femina India, Sabtu (24/9/2022), terlalu lama berada di ruangan ber-AC dapat berbahaya bagi kulit, rambut, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut beberapa risiko kesehatan jika Anda berada terlalu lama di ruangan ber-AC.

Baca juga: 6 Cara Membuat Bekerja dari Rumah Tetap Nyaman dan Sejuk Tanpa AC

Ilustrasi kulit kering mengelupas, penyebab kulit kering mengelupas, cara mengatasi kulit kering mengelupas. Shutterstock/Penyushkina Ilustrasi kulit kering mengelupas, penyebab kulit kering mengelupas, cara mengatasi kulit kering mengelupas.

1. Kulit kering dan terkelupas

Karena AC menyedot kelembapan dari ruangan, berjam-jam di dalam AC dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan bersisik.

Kulit kering menjadi melar dan selanjutnya dapat menimbulkan masalah pigmentasi, dan jerawat yang tidak diinginkan karena kulit mencoba memproduksi minyak tanpa adanya kelembaban yang dibutuhkan.

Oleh sebab itu, konsumsi air secara teratur sangat penting ketika berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu cukup lama.

2. Mata kering

Selain mengeringkan kulit Anda, udara dingin dari AC juga dapat mengeringkan kelembapan dan air di mata Anda. Jadi jika Anda sudah memiliki masalah mata kering, AC bisa memperburuknya.

Baca juga: Jangan Memasang AC di Area Ini di Rumah agar Efektif

Mata kering dapat membuat mata Anda semakin lelah jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar ponsel atau TV saat AC menyala.

Anda bisa menggunakan obat tetes mata agar mata tidak kering saat duduk berjam-jam di ruangan ber-AC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com