Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 08:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan peralatan lainnya, kasur juga memiliki masa pemakaian. Rata-rata usia kasur dapat bertahan selama tujuh hingga 10 tahun.

Namun, kasur yang tidak dirawat baik dapat memperpendek umur pemakaiannya. Namun, kesalahan-kesalahan yang dilakukan pemilik kasur juga dapat memperpendek usia kasur. 

Dilansir dari House Digest, Kamis (3/11/2022), berikut beberapa kesalahan yang memperpendek usia kasur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Secara Menyeluruh, Lakukan 6 Bulan Sekali 

Meletakkannya langsung di lantai

Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur.
Sleep Foundation menjelaskan, pegas yang ada pada kasur jenis springbed memiliki fungsi menopang kasur dan mengurangi jumlah guncangan. 

Kasur tidak menerima aliran udara yang diperlukan untuk membuatnya tetap dingin tanpa pegas kotak. Jika memiliki pegas kotak, penting mendapatkan yang baru jika pegas mengalami keausan.

Namun, beberapa tempat tidur tidak memerlukan pegas kotak meskipun setiap kasur membutuhkan semacam penyangga. Masalah besar lainnya kasur tanpa dukungan adalah menyebabkan beban pada tubuh. 

"Jika kasur tidak ditopang dengan benar, Anda dapat mengalami masalah punggung dan leher serta nyeri," kata Sleep Organic.

Untuk mencegah hal ini, pastikan memiliki sistem pendukung untuk tempat tidur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Secara Menyeluruh, Lakukan 6 Bulan Sekali 

Tidak melapisi kasur dengan pelindung

Pelindung biasanya terbuat dari bahan poliester, katun, katun organik, vinil, atau poliuretan, yang membantu menyerap cairan serta kelembapan.

Namun, membiarkan kasur tanpa pelindung dapat membuatnya terkena jamur, yang dapat tumbuh dalam kondisi lembap. Hal ini bisa diamati dari tanda-tanda seperti bau apek, noda baru, atau serangga yang muncul. 

Sayangnya, begitu kasur berjamur, tidak ada yang bisa diakukan selain membuangnya. Karena itu, penggunaan pelindung sangat penting. 

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Tanda Kasur Harus Segera Diganti

Tidak memutar kasur 

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.
Untuk mencegah kasur rusak, perusahaan manufaktur menganjurkan memutar dan membalik kasur.

Melakukan hal ini bertujuan mendistribusikan robekan dan bekas noda lainnya yang terjadi saat Anda tidur dalam posisi yang sama setiap malam.

Sebaliknya, tidak membali kasur dapat menambahkan banyak tekanan ke area itu, yang menyebabkannya mengalami penurunan (ini paling umum di sekitar bahu dan pinggul).

Aturan umumnya adalah busa memori dan kasur lateks diputar sekali atau dua kali setahun, tergantung pada kondisinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com