Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Material Lantai Terbaik untuk Ruang Mencuci Menurut Ahli

Kompas.com - 22/12/2022, 14:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Saat merenovasi ruang mencuci pakaian, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah fungsi dan estetikanya.

Itu tak hanya tentang mengatur alat dan persediaan pembersih yang diperlukan, tapi juga melindungi rumah lantaran ruang mencuci bersentuhan dengan air. 

Baca juga: 3 Cara Menerapkan Feng Shui di Ruang Mencuci Pakaian 

Secara tradisional, ruang mencuci pakaian berada di ruang bawah tanah, tetapi rumah yang lebih modern meletakkannya di lantai utama dekat dapur atau lantai atas dekat kamar tidur sehingga lebih mudah menyelesaikan tugas.

Namun, di mana pun meletakkan ruang mencuci, memilih bahan atau material yang sesuai adalah keharusan. Memilih lantai ruang mencuci menjadi hal penting untuk menghindari risiko terpeleset saat mencuci pakaian. 

Rotem Eylor, pendiri dan CEO Republic Floor, mengatakan material lantai terbaik untuk ruang mencuci adalah tahan air.

Mesin cuci mengalami kebocoran dari waktu ke waktu, kebocoran biasanya disebabkan selang pembuangan yang kendor atau tertusuk. 

Baca juga: Penyebab Ruang Mencuci Bau Apak dan Cara Mengatasinya 

Selain itu, kerusakan pada pompa pembuangan atau selang yang aus dapat menyebabkan mesin cuci bocor. Karena risiko kebocoran dan banyak air yang terlibat, penting memilih lantai ruang mencuci yang tepat. 

Eylor mengatakan ubin selalu menjadi pilihan tradisional, tapi lantai stone plastic composite (SPC) mengambil alih sebagai opsi tahan air yang lebih disukai karena sangat tahan lama. 

Pilihan lantai ini lebih disukai daripada kayu dan laminasi karena sifatnya dapat menahan kelebihan air. Kelebihan air, seperti banjir dan kebocoran, dapat menyebabkan kerusakan air, tumbuhnya jamur, bahkan kerusakan struktural jika tidak ditangani.

SPC adalah lantai tahan air yang dapat membantu mencegah masalah besar ini.  

Baca juga: 6 Cara Mengatur Ruang Mencuci agar Tertata Rapi 

Keuntungan lantai SPC 

Ilustrasi ruang mencuci.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang mencuci.
Dalam hal renovasi, sebagian besar pemilik rumah menginginkan prosesnya berjalan cepat selesai serta mudah. 

"SPC adalah lantai terapung sehingga pemasangannya cepat, murah, dan tidak memerlukan profesional," ucap Eylor dilansir dari House Digest, Kamis (22/12/2022). 

Ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang ingin menyelesaikan perombakan DIY. Palu karet lembut, pisau serbaguna, pita pengukur, dan spacer adalah alat utama yang diperlukan. 

Baca juga: 5 Cara Menyegarkan Ruang Mencuci agar Lebih Menarik dan Tertata 

Pengukur gergaji dan kelembapan adalah instrumen opsional untuk pemasangan. Jangan khawatir menggunakan bahan non-tradisional untuk lantai. 

Kemajuan teknologi telah meningkatkan penampilan lantai SPC untuk meniru lantai tradisional.

"Selain itu, visualnya sangat realistis, membuat lantai terlihat lebih mahal daripada aslinya," imbuh Eylor.

Lantai SPC tersedia dalam berbagai warna dan tampilan, seperti kayu keras, bahkan cocok dengan lantai lain di rumah. Lantai SPC dapat meniru tampilan batu atau ubin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com