Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sampah Dapur Ini Bermanfaat untuk Tanaman, Apa Saja?

Kompas.com - 21/12/2022, 07:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam sampah dapur umumnya berakhir di tempat sampah, tidak digunakan lagi. Akan tetapi, sampah dapur tersebut masih bisa digunakan untuk tanaman.

Misalnya, ampas kopi bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Demikian juga sayuran dan buah busuk dapat digunakan untuk membuat kompos.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (21/12/2022), berikut beberapa sampah dapur yang bermanfaat untuk tanaman dan cara menggunakannya.

Baca juga: Jangan Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

Ilustrasi ampas kopiShutterstock/Nor Gal Ilustrasi ampas kopi

1. Ampas kopi

Jangan langsung membuang ampas kopi ke tempat sampah. Ampas dapur dapat bermanfaat untuk memperkaya tanah kebun, dan menumpuk kompos dan membantu dengan banyak cara lainnya.

Ampas kopi mengandung 2 persen nitrogen, dan saat terurai di tanah, tidak hanya memperbaiki tekstur tetapi juga menyuburkan media tanam secara bertahap.

2. Cangkang telur

Cangkang telur terdiri dari kalsium karbonat (37 persen), yang merupakan unsur penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Cangkang telur juga mengandung magnesium, potasium, besi, dan fosfor dalam jumlah yang baik.

Hancurkan cangkang telur dan tambahkan ke media tanam untuk hasil terbaik.

Baca juga: 4 Bahan Dapur yang Dapat Membasmi Hama dan Menyuburkan Tanaman

3. Sisa cabai

Gunakan sisa-sisa cabai, seperti biji dan pucuknya, untuk mengusir hama. Haluskan sisa-sisa cabai, saring, campur dengan air dalam botol semprot dan gunakan semprotan untuk mencegah hama dari tanaman.

4. Filter kopi

Lain kali Anda melakukan repotting tanaman, pertahankan tanah di tempatnya dengan bantuan filter kopi. Melapisi pot dengan filter kopi membuat lubang drainase di bagian bawah bebas dari penyumbatan dan tanah tidak keluar setelah disiram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com