Kompas.com - 29/06/2022, 14:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman akan tumbuh sehat dan subur ketika tidak mengalami masalah seperti hama dan kekurangan pupuk.

Saat tanaman hias diserang hama atau layu, kebanyakan pekebun menggunakan pestisida untuk membasmi hama

Baca juga: 6 Cara Mencegah Hama di Setiap Area Rumah

 

Namun, penggunaan pestisida mengandung bahan kimia atau beracun sehingga bisa membahayakan lingkungan.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan bahan alami yang ditemukan di dapur untuk membasmi hama dan mengembalikan kondisi tanaman. Bahan alami ini juga tak kalah efektif dari pestisida. 

Dilansir dari The Kicthn, Rabu (29/6/2022), berikut empat bahan dapur yang dapat membasmi hama dan menyuburkan tanaman. 

Baca juga: 6 Kegunaan Mouthwash untuk Tanaman, Basmi Hama hingga Jadi Pupuk 

Baking soda 

Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.Unsplash/Ben MCleod Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.
 soda memiliki sifat antibakterinya yang dapat membantu membasmi hama embun tepung dan jamur yang sering menyebabkan masalah pada tanaman. 

Untuk menggunakannya, campurkan satu sendok teh baking soda dan satu sendok makan minyak sayur ke dalam botol semprot 900 gram, lalu tambahkan air secukupnya, kocok sampai semua larutan tercampur, dan semprotkan pada semua area yang terkena tanaman, termasuk bagian bawah daun.

Semprotkan larutan pada pagi hari selama tiga sampai lima hari. Ingat, atasi masalah embun tepung pada tahap awal sebelum menyebarkan semua tanaman. 

Baca juga: Penyebab Daun Sirih Gading Kecil-kecil, Masalah Penyiraman hingga Hama

Sabun cuci piring

Kutu cenderung mengelompok bersama dan ditemukan di bawah daun atau bunga yang sedang mekar. Kutu juga memakan getah tanaman, mengeluarkan gula dari tanaman, serta dapat menarik semut lapar.

Sedikit sabun cuci piring yang lembut dapat membantu mengusir kutu daun dan hama kecil lainnya, termasuk thrips dan kutu kebul. 

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih dengan Cabai Rawit dan Bawang Putih 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.