Kompas.com - 29/06/2022, 09:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tungau debu adalah hama tak kasat mata yang menyusup ke rumah Anda dan membuat aktivitas sehari-hari, seperti bernapas, menjadi semakin terganggu.

Bahkan, di tempat-tempat seharusnya seseorang bisa beristirahat, seperti kamar tidur, debu tersebut bisa menyebar dan mengendap.

Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus bersin ketika Anda pergi tidur di malam hari atau bangun di pagi hari, itu bisa disebabkan oleh debu di sekitar kamar tidur.

 

Baca juga: 5 Barang yang Tak Perlu Ada di Apartemen, Bikin Debu dan Makan Tempat

Ilustrasi debu di rumah.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi debu di rumah.

Dilansir dari Sun News, Rabu (29/6/2022), pengguna Instagram Chantel Mila membagikan retasan mudahnya untuk membersihkan kamar tidur dari tungau debu dengan membuat semprotan debu.

Untuk membuatnya, campurkan secangkir air, seperempat cangkir cuka putih, dua sendok teh minyak kelapa fraksinasi dan empat tetes minyak esensial lemon.

Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke semua permukaan di kamar tidur Anda seperti meja samping, meja rias, dan lain-lain. Kemudian lap dengan kain lembap untuk mengumpulkan debu. 

Minyak kelapa melapisi furnitur Anda dengan lapisan tipis yang mencegah debu mengendap lebih lama. Selain menjadi semprotan pencegah debu, semprotan ini juga memiliki manfaat untuk menyegarkan ruangan. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tanaman Hias agar Tidak Jadi Sarang Debu

Sementara itu, seorang pakar kebersihan juga merekomendasikan untuk menyedot debu kasur dan kepala tempat tidur Anda secara teratur karena area ini adalah tempat berkembang biaknya tungau debu.

Dia juga menyarankan menggunakan rol serat untuk menghilangkan debu dari area yang sulit dijangkau, seperti bagian dalam kap lampu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.