Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mendekorasi Ruangan Sempit agar Lebih Nyaman

Kompas.com - 18/12/2022, 13:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang tertata rapi dengan dekorasi yang cantik dan menarik dapat memengaruhi perasaan pemiliknya di dalam ruangan tersebut.

Untuk itu, mendekorasinya dengan baik harus dipertimbangkan agar seseorang lebih nyaman dalam berkegiatan sehari-hari. Namun, tak semudah yang terlihatnya, mendekorasi rumah agar lebih nyaman memerlukan beberapa pertimbangan.

Hal ini juga diungkapkan oleh Wulan Wu, seorang kreator konten yang berkecimpung di dunia desain interior. Menurut dia, mendekorasi ruangan harus memerhatikan warna, tekstur, serta elemen dekorasi lainnya di dalam ruang, terlebih ketika luasannya terbatas. 

Baca juga: 6 Inspirasi Sofa untuk Ruang Tamu Sempit, Bikin Ruangan Tampak Luas

Ilustrasi ruang tamu sempit. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang tamu sempit.

"Ketika hendak mendekorasi ruang terbatas, yang harus diperhatikan adalah penyimpanan yang banyak agar dapat menyimpan barang yang berpotensi menjadi kekacuan di dalam rumah," ungkap Wulan dalam acara Talkshow di Homedec 2022 di ICE BSD, Tangerang, Minggu (18/12/2022). 

Selain penyimpanan, jenis bahan materialnya pun harus dipilih sesuai nuansa yang ingin dihadirkan. Misalnya, ketika ingin menampilkan kamar tidur yang nyaman, Anda bisa menggunakan unsur kayu pada beberapa elemen dekorasinya, seperti lantai agar memberikan kesan hangat dan nyaman.

"Agar tidak monoton, gunakan karpet bertekstur dan berpola di kamar tidur yang memiliki dipan serta lantai dengan motif yang sama," tambah Wulan. 

Perhatikan pencahayaan dan warna

Selain furnitur serta bahan materialnya, pencahayaan serta warna dalam ruang juga dapat memengaruhi nuansa yang dihadirkan.

Baca juga: Kesalahan Tata Letak Ruang Tamu yang Bikin Sempit

Ketika ingin memberikan pencahayaan di ruangan yang kecil, gunakan ambient light seperti standing light di samping sofa atau lampu kap di atas nakas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com