Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Deterjen Pod yang Harus Digunakan Per Beban Cucian?

Kompas.com - 04/12/2022, 20:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena pakaian kotor selalu bertambah untuk dicuci, terkadang menggunakan produk yang efisien menjadi hal yang harus dilakukan agar kegiatan mencuci lebih cepat selesai.

Salah satu alat yang bermanfaat adalah deterjen pod atau laundry pod. Memasukkan deterjen pod ke dalam mesin cuci, memilih siklus pencucian pilihan, dan menekan siklus mesin terdengar cukup sederhana. 

Namun, jika Anda baru mengenal deterjen pod, Anda mungkin tidak tahu persis berapa banyak deterjen pod yang perlu Anda gunakan per muatan.

Baca juga: Simak, Cara Memilih Deterjen yang Aman untuk Kulit Sensitif

Ilustrasi deterjen pod, laundry pod. SHUTTERSTOCK/IVANNA PAVLIUK Ilustrasi deterjen pod, laundry pod.

Dilansir Southern Living, Minggu (4/12/2022), Matt Mottola, Wakil Presiden Operasi di Tedimatts, menjelaskan jika mesin cuci rusak banyak disebabkan karena kelebihan deterjen dan kelebihan muatan. 

Untuk itu, dianjurkan untuk menggunakan satu atau dua pod per pemuatan, dan beberapa pertimbangan lainnya, antara lain sebagai berikut. 

Perhatikan jenis mesin cuci

Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah mesin cuci gaya yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki model mesin cuci baru, kemungkinan besar Anda memiliki mesin cuci dengan efisiensi tinggi.

 Sederhananya, mesin cuci dengan efisiensi tinggi mengurangi jumlah air dan energi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan siklus pencucian. 

Baca juga: Berapa Banyak Deterjen yang Dibutuhkan Saat Mencuci Pakaian?

Memiliki mesin cuci berefisiensi tinggi menghemat tagihan energi Anda, tetapi karena mesin ini mengurangi jumlah air yang digunakan, semakin sedikit busa, semakin baik. Coba satu pod dengan mesin berefisiensi tinggi.

Jika Anda memiliki model mesin cuci yang lebih lama atau tidak yakin, direkomemdasikan untuk melihat ketentuan pada mesin cuci yang disediakan oleh produsen atau lihat manual pemilik Anda untuk mengetahui status efisiensinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com