Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bahan di Dapur yang Bisa Jadi Pengganti Deterjen untuk Cuci Pakaian

Kompas.com - 30/07/2022, 09:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda tiba-tiba kehabisan deterjen saat harus mencuci pakaian? Jangan khawatir, sebab ada beberapa bahan di dapur yang dapat dijadikan pengganti deterjen untuk mencuci pakaian.

Dilansir Lifehacker, Sabtu (30/7/2022), bahan-bahan ini mungkin tidak memiliki kekuatan penghilang noda yang sama seperti deterjen. Namun, bahan-bahan tersebut akan menghilangkan bau dan bakteri.

Tergantung yang mana yang Anda miliki, bahan-bahan pengganti deterjen ini bahkan mungkin membuat pakaian bearoma lebih segar.

Baca juga: Simak, Tanda Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Berikut beberapa bahan di dapur yang dapat dijadikan pengganti deterjen untuk mencuci pakaian.

Ilustrasi baking soda. Shutterstock/Geo-grafika Ilustrasi baking soda.

1. Soda kue

Ada banyak cara untuk menggunakan soda kue secara kreatif. Salah satunya adalah soda kue juga berfungsi sebagai alternatif yang cocok untuk deterjen cucian.

Menurut Essential Home and Garden, soda kue untuk mencuci pakaian akan secara efektif menghilangkan asam, minyak, dan bau dari semua jenis kain yang berbeda, sekaligus sepenuhnya aman untuk digunakan di mesin cuci.

Jika Anda ingin menambahkan aroma mewah, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda untuk memberikan aroma yang harum pada cucian.

Baca juga: Bisakah Menghilangkan Jamur pada Pakaian Tanpa Deterjen?

2. Air perasan lemon

Air perasan lemon maupun jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pengganti deterjen untuk mencuci pakaian. Yang perlu dilakukan adalah mengencerkan sepertiga cangkir air perasan lemon dengan 3 cangkir air.

Tuangkan ke dalam mesin cuci selama siklus pencucian. Air perasan lemon akan menghilangkan noda dan mencerahkan pakaian putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com