Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kesalahan Umum Saat Renovasi Kamar Mandi, Apa Saja?

Kompas.com - 30/07/2022, 08:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi kamar mandi lazim dilakukan pemilik rumah, apakah untuk memperbaiki yang rusak maupun mempercantik tampilan. Apapun tujuan renovasi kamar mandi, ada beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari.

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan itu adalah belajar dari kesalahan orang lain. Dilansir Lifehacker Australia, Sabtu (30/7/2022), berikut beberapa kesalahan umum yang terjadi selama renovasi kamar mandi.

Tentu saja, tergantung pada tingkat renovasi, kapan rumah dibangun, anggaran, dan berapa banyak proyek yang Anda lakukan sendiri, tetapi berikut adalah beberapa kesalahan yang bisa terjadi.

Baca juga: Survei Ungkap Warna Cat Favorit untuk Kamar Mandi, Apa Saja?

Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.

1. Tidak mempertimbangkan ventilasi di kamar mandi

Mengingat air panas dapat digunakan di kamar mandi, setidaknya membutuhkan satu bentuk ventilasi.

Jika Anda melakukan renovasi kamar mandi, pertimbangkan untuk menambahkan exhaust fan kamar mandi jika Anda belum memilikinya, atau perbarui yang Anda miliki sekarang.

Jika Anda mengandalkan jendela untuk ventilasi, pastikan untuk membuatnya mudah diakses. Jangan meletakkan perabot besar di depannya, atau memasang tirai yang menghalangi.

2. Ruang yang penuh sesak

Kamar mandi cenderung berukuran tidak besar, jadi jaga agar ruang tetap terbuka. Ini berarti memperhatikan dimensi perlengkapan seperti toilet, wastafel, dan bak mandi.

Baca juga: 6 Tren Desain Kamar Mandi yang Dapat Memberikan Tampilan Segar

Selain itu, jangan menambahkan dekorasi atau furnitur yang tidak perlu yang membuat pergerakan di dalam ruangan menjadi rumit.

3. Memasang jumlah dan jenis pencahayaan yang salah

Kamar mandi biasanya adalah ruangan yang digunakan orang untuk hal-hal seperti bercukur, merias wajah, atau melihat wajah dari dekat. Untuk alasan ini, kamar mandi harus cukup terang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com