Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Desain Kamar Mandi yang Dapat Memberikan Tampilan Segar

Kompas.com - 28/07/2022, 20:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski digunakan sehari-hari, kamar mandi cenderung terabaikan dalam hal penyegaran desain.

Hal ini mungkin karena merenovasi kamar mandi secara menyeluruh membutuhkan biaya  besar. Namun, menyegarkan tampilan kamar mandi bisa dilakukan secara sederhana dengan menambahkan warna cat baru yang sedang tren dan memasukkan tanaman.

Dilansir dari Woman and Home, Kamis (28/7/2022), berikut tren desain kamar mandi yang dapat memberikan tampilan segar. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Rak di Kamar Mandi Kecil 

Penggunaan marmer

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer.
Penggunaan marmer di kamar mandi bukan hal baru. Ini bisa angsung menambahkan nuansa mewah ke kamar mandi.

Pilihan populer termasuk marmer putih klasik dengan urat abu-abu atau emas khas yang mengalir melalui batu dan marmer hitam yang memberikan sentuhan kontemporer yang ramping.

Penggunaan marmer bisa digunakan pada lantai shower, lantai non-shower, dan dinding non-shower. Namun, marmer memiliki harga lebih tinggi, bahkan di luar anggaran beberapa orang.

Untuk pilihan lebih murah, pilih ubin efek marmer di porselen. Ubin ini memiliki tampilan dan nuansa mewah dari ubin marmer asli, tetapi harganya lebih rendah dan lebih mudah dibersihkan dan dirawat. 

Baca juga: 8 Cara agar Kamar Mandi Wangi Tanpa Menggunakan Pengharum Ruangan  

Sentuhan tanaman

Hadirkan sentuhan alam pada desain kamar mandi Anda dengan menambahkan banyak tanaman hijau. Dinding tanaman adalah cara bagus untuk menghadirkan sentuhan ketenangan ke kamar mandi.

Cukup beri titik di sekitar dinding untuk menciptakan area hijau. Jika Anda ragu-ragu  menjaga semua dinding tanaman tetap hidup, pilihlah yang buatan untuk mendapatkan tampilan yang sama. 

Baca juga: Gampang, Ini 3 Cara Mencegah Jamur di Kamar Mandi 

Aksen hitam

Ilustrasi kamar mandi bergaya industrial.SHUTTERSTOCK / onzon Ilustrasi kamar mandi bergaya industrial.
Menambahkan aksen hitam akan memberi kamar mandi hasil akhir yang ramping dan elegan tanpa membebani ruang dengan terlalu banyak warna gelap.

Kontras hitam dengan warna netral memberikan tampilan berani. Keran air hitam dan perlengkapan lampu adalah hal bagus untuk memulai.

“Finishing hitam melampaui semua gaya dekorasi interior menjadikannya pilihan populer di ruangan mana pun,” kata Peter Legg, desainer utama di Där Lighting.

Hitam semakin diadopsi di kamar mandi untuk menambah drama dan kedalaman, tetapi ketika digunakan di area kecil, hitam terkadang bisa terlalu kuat.

“Kombinasi kontras warna dengan corak kaca bergaris semakin populer karena menghadirkan kelembutan, menyeimbangkan tampilan, dan menciptakan perpaduan sempurna," imbuh Peter. 

Baca juga: 6 Cara Menata Kamar Mandi Kecil agar Tampak Rapi dan Teratur 

Wallpaper

Wallpaper vinil paling baik digunakan di kamar mandi karena tahan terhadap kelembapan. Jika mendekorasi kamar mandi besar, gunakan cetakan atau pola skala besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com