Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Warna Cat Kamar Mandi

Kompas.com - 06/07/2022, 14:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna cat yang dipilih untuk dinding rumah memiliki banyak kekuatan untuk mempengaruhi suasana hati dan keseluruhan nuansa ruangan, termasuk kamar mandi.

Memilih warna cat yang tepat untuk kamar mandi tak hanya membuatnya terlihat cantik, tetapi juga memberi ketenangan saat mandi dan nuansa seperti di tempat spa. 

Baca juga: 8 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Baik sedang merenovasi kamar mandi secara total maupun hanya menyegarkan ruangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan diperhatikan sebelum memilih warna cat terbaik untuk ruangan terkecil di rumah ini.

Dilansir dari Moving, Rabu (6/7/2022). berikut sejumlah faktor yang perlu diperhatikan saat memilih warna cat kamar mandi

Baca juga: 4 Ide Memilih Ubin untuk Kamar Mandi Kecil Tampak Besar dan Luas 

Pencahayaan 

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.
Warna yang sama dapat terlihat sangat berbeda dalam cahaya alami dan cahaya buatan. Jadi, pilihan warna untuk dinding kamar mandi akan bervariasi, tergantung apakah kamar mandi memiliki jendela atau tidak.

Dalam kedua kasus tersebut, pastikan membawa pulang contoh cat sebelum menggunakan warna tertentu dan menempelkannya ke dinding untuk melihat bagaimana tampilannya di kamar mandi secara spesifik. 

Baca juga: 4 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Kamar Mandi

Lantai kamar mandi 

Karena tidak ingin menukar lantai hanya untuk mencocokkan warna dinding, Anda perlu bekerja dari sudut yang berlawanan dan memilih warna dinding yang melengkapi lantai kamar mandi

Jika memiliki ubin berwarna netral seperti putih atau abu-abu, ini seharusnya tidak terlalu sulit untuk mencocokan denganw warna dinding. Namun, jika Anda bekerja dengan warna lantai yang tidak netral, pilihan cat dinding lebih terbatas. 

Baca juga: 7 Anjuran dan Larangan Memilih Warna Cat untuk Ekterior Rumah

Skema warna keseluruhan

Ilustrasi kamar mandi.SHUTTERSTOCK / design.at.krooogle Ilustrasi kamar mandi.
Selain lantai, ada beberapa fitur lain di kamar mandi yang sulit diganti atau diubah, termasuk meja rias dan lemari.

Namun, bila warna lemari kamar mandi terlihat mencolok, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengecatnya ke warna yang lebih bagus atau sama dengan warna cat dinding.  

Ingatlah skema warna keseluruhan saat memilih warna cat kamar mandi dan berhati-hatilah agar tidak berbenturan dengan titik fokus utama ruangan lainnya.  

Baca juga: Warna Cat Kamar Mandi yang Diprediksi Bakal Populer pada 2022

Ukuran kamar mandi

Ukuran ruangan penting diperhatikan saat memilih warna cat kamar mandi. Warna cerah atau berani mungkin terlihat bagus di ruang rias, tetapi mencolok di area mandi.

Demikian juga, kamar mandi yang tampak agak terlalu lapang bisa menjadi lebih nyaman dengan mengecat plafon dengan warna lebih gelap daripada dinding.

Dalam kedua kasus tersebut, mempertimbangkan ukuran ruangan akan membantu Anda memilih warna cat kamar mandi yang tidak hanya mempercantik tampilan, tetapi juga meningkatkan perasaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moving.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com