Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 07:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan menanam mentimun, kerap kali mentimun yang dihasilkan rasanya pahit. Ketika ditanam di bawah kondisi pertumbuhan yang salah, mentimun bisa mulai terasa pahit atau menjadi hambar.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Minggu (27/11/2022), perbedaan suhu yang ekstrem seperti terlalu dingin atau terlalu panas, serta kekurangan air adalah beberapa penyebab mentimun rasanya pahit.

Namun, beberapa mentimun mungkin terasa sedikit pahit karena mengandung senyawa organik yang dikenal sebagai Cucurbitacins yang dapat membuat buah menjadi pahit.

Baca juga: Cara Menanam Pepaya dari Biji di Pot

Ilustrasi mentimun, menanam mentimun. WIKIMEDIA COMMONS/STEPHEN AUSMUS Ilustrasi mentimun, menanam mentimun.

Berikut beberapa tips menanam mentimun agar rasanya tidak pahit.

1. Lindungi dari suhu tinggi

Suhu yang secara konsisten lebih tinggi dari 32 derajat celcius dapat membuat tanaman mentimun stres dan membuatnya terasa pahit. Jaga agar tanaman aman dari sinar matahari sore yang intens.

2. Panen tepat waktu

Mentimun siap panen pada usia 50 sampai 70 hari sejak tanam. Mentimun menjadi kurang enak dan pahit ketika ukurannya terlalu besar.

Ukuran yang tepat untuk memanen mentimun adalah sekitar 6 sampai 8 inci untuk varietas Amerika, 8 sampai 12 inci untuk varietas Asia, 4 sampai 6 inci untuk jenis Timur Tengah, dan 3 sampai 5 inci untuk jenis acar.

Baca juga: Cara Menanam Seledri di Polybag agar Tumbuh dengan Cepat dan Subur

3. Tanam bersamaan dengan bunga matahari

Bunga matahari diketahui melepaskan enzim yang disebut Elastase yang secara alami mengurangi jumlah cucurbitacins dalam mentimun.

Sulur mentimun menggunakan batang bunga matahari yang kokoh untuk menopang saat memanjat, dan Anda akan menemukan beberapa mentimun dengan rasa manis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com