Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah dan Membersihkan Kasur Berjamur

Kompas.com - 03/11/2022, 11:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam penyebab jamur tumbuh di kasur, salah satunya kelembapan yang tinggi.

Hal ini karena kasur terbuat dari material berpori. Kelembapan berlebih dapat meresap ke dalam lapisan kasur, yang akhirnya mengembun ke dalam pori-pori busa dan membuat kasur rentan terhadap pertumbuhan jamur.

Baca juga: Penyebab dan Tanda-tanda Kasur Berjamur

Ada beberapa tanda kasur berjamur, salah satunya bau apak. Jamur memiliki bau apak yang dapat berkembang secara perlahan atau cukup menyengat.

Tanda lannya kasur berjamur adalah munculnya bintik-bintik abu-abu tua, merah, atau hitam. Lantas, apakah ada cara mencegah dan membersihkan kasur berjamur?

Dilansir dari Sleeping Ocean, Kamis (3/11/2022), membasmi semua spora jamur di dalam rumah tidak memungkinkan. Namun, ada beberapa cara mencegah kasur berjamur seperti berikut. 

Baca juga: Ketahui, Ini Posisi Ideal Meletakkan Tempat Tidur Menurut Pakar

Atur kelembapan di kamar tidur

Ilustrasi tempat tidur rotan. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi tempat tidur rotan.

Jika kamar tidur terlalu lembap, gunakan dehumidifier. Saat ini, ada berbagai macam model dehumidifier yang dapat mengatasi kelembapan secara efisien tanpa membuat tagihan listrik melonjak.

Dehumidifier adalah perangkat elektronik yang berfungsi menghilangkan kelembapan di udara dan membantu udara di dalam ruangan tetap kering.

Anginkan kasur

Langkah lainnya mencegah kasur berjamur adalah rajin mengangin-anginkannya. Caranya, cukup membuka jendela, lalu menyalakan AC atau kipas angin, dan lepaskan seprai dari waktu ke waktu untuk membiarkan kasur bernapas.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Secara Menyeluruh, Lakukan 6 Bulan Sekali

Pilih kasur yang tahan jamur

Kasur yang terbuat dari material alami seperti lateks atau busa nabati cenderung lebih tahan terhadap pertumbuhan jamur.

Sebaiknya, menggunakan model kasur yang memilik koil. Selain tidak mudah mengendur, kasur jenis ini memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. 

Bungkus kasur

Ilustrasi tempat tidur. PIXABAY/JESSE BRIDGEWATER Ilustrasi tempat tidur.

Selanjutnya, cara mencegah kasur berjamur adalah membungkusnya menggunakan pelapis kedap air guna mencegah kelembapan meresap ke dalam kasur, menjauhkan spora jamur, dan memperpanjang usia kasur. 

Baca juga: 4 Bahaya Jarang Mengganti Seprai di Kasur

Jangan taruh kasur langsung di lantai

Meletakkan kasur di lantai tidak disarankan karena lantai bukan permukaan yang bersih dan dapat memiliki beberapa spora jamur.

Selain itu, lantai membatasi sirkulasi udara yang berkontribusi pada pertumbuhan jamur. Solusinya, menggunakan rangka tempat tidur, lapisan plywood, atau karpet tebal untuk meminimalkan kontak antara kasur dan lantai.

Baca juga: Ingin Tidur Berkualitas? Perhatikan Jumlah Bantal di Kasur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com