Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kegunaan Pasta Gigi untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 27/10/2022, 15:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bermanfaat membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai area dan benda di rumah. 

Pasta gigi mengandunga bahan abrasif ringan yang dapat menghilangkan plak gigi. Tindakan abrasif yang sama bekerja sangat baik untuk menghilangkan lecet dan noda pada berbagai permukaan dan area. 

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi, Cukup Pakai Pasta Gigi

Namun, sebaiknya menggunakan pasta gigi putih padat daripada pasta gigi gel. Formula gel sering kali mengandung sedikit pewarna yang dapat menghitamkan beberapa bahan yang dibersihkan.

Pastikan juga menghindari pasta gigi menempel pada kain karena dapat meninggalkan sedikit noda.

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (27/10/2022), berikut beberapa kegunaan pasta gigi untuk membersihkan rumah

Baca juga: Cara Membersihkan Nat Kamar Mandi dan Dapur dengan Pasta Gigi

Memoles perlengkapan kamar mandi 

Ilustrasi membersihkan wastafel keramik. SHUTTERSTOCK/KRASULA Ilustrasi membersihkan wastafel keramik.
Pasta gigi dapat membuat wastafel krom dan perlengkapan mandi kembali bersih serta berkilau. Oleskan sedikit pasta gigi pada perlengkapan kamar mandi, lalu gosok dengan kain kering. 

Membersihkan wastafel 

Jika Anda menjatuhkan pasta gigi pada wastafel kamar mandi, jangan langsung mengguyurnya. Ambil spons basah dan gunakan untuk menyeka semua permukaan mangkuk wastafel.

Setelah itu, bilas hingga bersih dan seka dengan kain kering. Cara ini juga bisa membuat saluran pembuangan wastafel beraroma segar. 

Baca juga: 6 Material Wastafel Kamar Mandi dan Plus Minusnya  

Membersihkan kloset 

Pasta gigi dapat membersihkan kloset dengan cepat. Oleskan sedikit pasta gigi ke dalam mangkuk kloset, lalu gosok menggunakan sikat kloset. 

Pasta gigi akan membersihkan berbagai noda yang menempel, mem buat kloset beraroma segar, serta mendisinfeksi kloset untuk menghilangkan bakteri. 

Membersihkan cermin kamar mandi 

Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.
Gunakan sedikit pasta gigi pada kain lembap untuk membersihkan cermin, lalu biarkan pasta mengering. Bila sudah, bilas permukaan cermin dengan air bersih serta keringkan dengan kain kering. 

Baca juga: 7 Benda Rumah Tangga Ini Dapat Dibersihkan dengan Pasta Gigi 

Membersihan perhiasan 

Pasta gigi bekerja sangat baik untuk membersihkan noda pada perhiasan perak. Oleskan sedikit pasta gigi, lalu bilas hingga bersih, dan gosok dengan kain kering. Anda akan melihat perhiasaan kembali berkilau. 

Namun, jangan pernah menggunakan pasta gigi pada permata lembut seperti mutiara yang dapat membuatnya tergores karena kualitas abrasifnya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Spidol dari Sofa Kain Pakai Pasta Gigi 

Menghilangkan bau makanan

Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/SEVENKE Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel.
Jika Anda memiliki masalah dengan bau bawang atau ikan yang tertinggal pada tangan setelah memasak atau menyiapkan makanan, cukup oleskan pasta gigi ke telapak tangan. 

Gosok tangan selama beberapa detik untuk membersihkan setiap permukaan dan bilas dengan air bersih. Walhasil, bau makanan tersebut akan hilang. Bonusnya, kuku jari terlihat lebih putih dan cerah. 

Baca juga: Trik Membersihkan Noda Karat pada Wastafel Porselen Pakai Pasta Gigi 

Membersihkan peralatan masak perak dan tembaga

Terakhir, kegunaan pasta gigi adalah membersihkan peralatan masak perak. Caranya, oleskan pasta gigi pada peralatan, lalu gosok dengan kain lembut yang bersih, bilas dalam air panas, dan gosok dengan kain kering.

Untuk panci tembaga yang terkena noda, oleskan pasta gigi dan biarkan bekerja selama beberapa menit sebelum menyeka noda. Setelah itu, bilas dengan air panas dan bersihkan dengan kain kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com