Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan 4 Permukaan Ini

Kompas.com - 22/10/2022, 20:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.con - Tidak hanya sebagai bahan untuk membuat hidangan, baking soda atau soda kue juga dapat digunakan sebagai produk pembersih. Bahkan, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Namun demikian, ada beberapa permukaan yang tidak boleh dibersihkan menggunakan baking soda. Menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaan-permukaan ini justru akan membuatnya rusak karena sifatnya abrasif.

Dikutip dari Lifehacker Australia, Sabtu (22/10/2022), berikut beberapa permukaan yang tidak bisa dibersihkan menggunakan baking soda.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan Pakai Cuka dan Baking Soda

Ilustrasi meja makan marmer, Ilustrasi meja makan persegi.Shutterstock/WorldWide Ilustrasi meja makan marmer, Ilustrasi meja makan persegi.

1. Marmer

Marmer dan kuarsa keduanya terasa cukup padat. Akan tetapi, keduanya tidak tahan lama jika dibersihkan secara teratur menggunakan soda kue.

Setiap gosokan menggunakan baking soda merusak lapisan pelindung atas dan pada akhirnya dapat menyebabkan goresan atau kusam.

2. Kaca

Permukaan kaca juga tidak boleh dibersihkan menggunakan baking soda. Pasalnya, baking soda akan membuat permukaan kaca tergores.

3. Lantai dan furnitur kayu

Baking soda atau soda kue agak terlalu abrasif untuk digunakan pada permukaan kayu. Itu bisa merusak pelapis permukaan kayu, dan bahkan menyebabkannya melengkung.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Cuci Piring Pakai Baking Soda

4. Permukaan yang tergores, retak, atau ukiran

Bubuk soda kue mengendap di setiap sudut dan celah di permukaan suatu benda. Meskipun mungkin membantu membersihkan permukaan, Anda akan kesulitan mengeluarkannya dari alur itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com