Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 07:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Loyang oven merupakan salah satu benda yang sulit dibersihkan karena remahan makanan yang menempel cukup kuat. 

Apabila didiamkan dalam waktu lama, membuat proses pembersihan menjadi semakin sulit, bahkan masih ada sisa makanan yang gosong, noda coklat, dan lapisan lemak tipis yang sulit dibersihkan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Loyang Kue Pakai Cuka dan Saus Tomat

Selain masalah kebersihan, loyang kue yang kotor dapat memperlambatkan proses memanggang.

Maria Ivanova, pendiri Master Maid, mengatakan membersihkan loyang kue adalah salah satu cara termudah memperpanjang umur oven.

Nah, dilansir dari Express, Selasa (18/10/2022), berikut cara membersihkan loyang kue.  

Semprotkan cuka putih ke loyang yang basah

Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.
Pertama, keluarkan rak dari oven dan letakkan di atas handuk yang telah dilipat. Maria mengatakan menyeka bagian atas loyang dengan kain lembap.

Tuangkan satu cangkir cuka putih ke dalam botol semprot dan semprotkan loyang kue sampai basah atau secara merata, kemudian bersihkan sisa yang menetes ke celah-celah. 

Baca juga: Cara Merawat Oven Aluminium agar Tidak Cepat Berkarat

Ulangi pembersihan

Maria menyarankan melakukan proses pembersihan loyang sekali lagi. Gunakan dua cangkir air dan satu cangkir cuka putih, lalu masukkan ke botol semprot. Setelah itu, semprotkan di setiap sisi loyang kue sampai benar-benar bersih."

Melissa Oleary, ahli memasak dan pemilik Keeping it Simple mengatakan metode cuka putih efektif melawan noda paling keras. 

Namun, dia menyarankan menambahkan baking soda bersama cuka putih. Campuran keduanya dapat menghilangkan noda terberat dari loyang kue.

Untuk melakukannya, taburkan sedikit baking soda ke loyang, lalu semprotkan cuka pada permukaan loyang untuk melembapkannya.

Melissa mengatakan untuk hasil efektif, Anda harus membiarkan larutan tersebut semalaman sebelum menyeka kotoran dengan spons dan membilasnya hingga bersih. 

Baca juga: 6 Tips Keamanan Kompor dan Oven yang Harus Diketahui 

Hindari membersihkan dengan mesin pencuci piring

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Melissa memperingatkan untuk tidak menempatkan loyang dalam mesin pencuci piring karena bahan kimia yang digunakan dalam banyak deterjen pencuci piring dapat menodainya.

Dia menyarankan mencuci loyang kue dengan tangan. Membersihkan loyang kue dengan cuka atau kombinasi cuka dan baking soda adalah cara efektif membuatnya terlihat baru kembali.

Para ahli di Oven Pride menyarankan hanya menggunakan baking soda dan air untuk menghilangkan noda membandel. 

Baca juga: Trik Mudah Membuat Oven Bersih dan Wangi Menggunakan Buah Lemon

Mereka berkata ketika loyang kue ditutupi makanan gosong, membersihkannya bisa menjadi sedikit sulit karena sabun dan detergen tidak cukup mengatasinya. "Kita harus beralih ke baking soda untuk menghilangkan residu tersebut.”

Sebelum menggunakan metode ini, mereka menyarankan menggunakan handuk kertas untuk menghilangkan bagian residu yang lepas sebelum menggosok permukaan loyang kue. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com