Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Warna-warna Cat yang Tidak Dianjurkan Untuk Rumah

Kompas.com - 10/10/2022, 17:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah dengan lapisan cat baru menjadi salah satu cara yang mudah untuk mengubah suasana dengan waktu cepat. Namun, tak semua warna dapat diaplikasikan di rumah.

Sebab, dilansir Best Life, Senin (10/10/2022) ada beberapa warna menurut para ahli yang tidak boleh digunakan di ruangan tertentu, antara lain sebagai berikut. 

1. Jangan gunakan warna merah di kamar tidur

Jeneva Aaron, pendiri The House Wire, mengatakan, merah mungkin warna favorit Anda, tetapi ini tidak dianjurkan diaplikasikan di kamar tidur Anda. Sebab, warna ini dapat membangkitkan reaksi fisik dan emosional yang intens dan biasanya tidak dengan cara yang baik jika diaplikasikan di kamar tidur. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Desainer Interior

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah.

Menurut Aaron, otak manusia memiliki respons mendalam terhadap warna merah karena itu adalah warna darah. 

Kita mengasosiasikannya dengan bahaya, sehingga membuat darah mengalir dan jantung berdetak lebih cepat. Itu bukan jenis perasaan yang Anda inginkan saat Anda mencoba tertidur di malam hari. 

2. Jauhkan dari warna putih di kamar mandi dan ruang kerja

Dinding putih menjadi semakin populer di kamar mandi, membuat segala sesuatunya terlihat baru dan berkilau. Menurut Aaron, tampilan baru itu tidak bertahan lama.

Dia menunjukkan bahwa noda sangat terlihat di dinding putih, dan kamar mandi salah satu kamar paling kotor di rumah, sehingga harus dipertimbangkan pemilihan warna putih pada kamar mandi. 

Baca juga: Catat, Ini Warna yang Harus Dihindari untuk Pintu Depan Rumah

Sementara itu, Courtney Keene, direktur operasi di MyRoofingPal, mengatakan untuk menghindari warna putih di ruang kerja, karena dapat menyebabkan ketegangan mata dan kelelahan, yang sudah menjadi kekhawatiran bagi orang-orang yang bekerja di depan komputer sepanjang hari.

Putih cerah yang mengelilingi Anda di setiap dinding dapat berkontribusi pada perasaan cemas, di samping menyebabkan kelelahan mata dari waktu ke waktu, ungkap Marty Basher, pakar desain dengan Modular Closets.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com