Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menciptakan Kamar Tidur Ramah Anak yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 23/09/2022, 14:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKamar tidur ramah anak adalah kamar tidur yang dapat membuat sang buah hati merasa aman ketika berada di dalamnya.

Hadirnya perasaan aman dapat membuat anak-anak merasa nyaman dan tidak stres, yang dapat membuat kurang baik untuk tumbuh kembangnya.

Baca juga: 3 Jenis Material Karpet Kamar Tidur Anak yang Tahan Lama

Sebab, kamar tidur tidak hanya menjadi tempat tidur dan beristirahat, tapi juga ruang bermain dan belajar bagi anak.

Ada beragam cara menciptakan kamar tidur ramah anak, salah satunya menghadirkan elemen-elemen yang membuatnya senang seperti menambahkan fitur menarik di bawah tempat tidur bagi mereka yang takut ruangan gelap. 

Dilansir dari House Digest, Jumat (23/9/2022), berikut cara menciptakan kamar tidur anak yang terasa aman dan nyaman. 

Baca juga: Tips dan Trik Mendesain Kamar Tidur Berukuran Kecil

Tambahkan banyak pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor penting dalam menghadirkan perasaan aman dan nyaman di kamar tidur anak. Menjaga ruangan cukup terang dapat menghindari risiko anak menginjak mereka yang dapat melukai kakinya. 

Namun, kamar tidur ramah anak perlu memiliki fitur dimmer untuk memudahkan orang tua mengatur pencahayaan seperti meredupkannya guna menciptakan suasana tenang yang memudahkan anak tidur.

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak Laki-laki

Hadirkan pula pencahayaan tugas seperti lampu meja atau lampu di area membaca. Ini bisa dimanfaatkan saat lampu plafon diredupkan.

Meski begitu, pencahayaan paling penting adalah sinar matahari. Hadirkan gorden tipis untuk memudahkan matahari memancarkan cahayanya ke dalam kamar tidur anak.

Jika memiliki lampu dengan kap atau penutup, pilih model kap lampu bermotif agar kamar tidur terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kamar Tidur Anak

Hindari warna yang terlalu energik

Ilustrasi kamar tidur anak.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur anak.

Warna cat yang dipilih sangat berkontribusi terhadap nuansa kamar tidur ramah anak. Pilih warna yang tidak terlalu energik agar mereka tidak terlalu terstimulasi dan mudah tidur.

Sebagai contoh, gunakan putih gading karena mereka bernuansa hangat dan netral sehingga anak-anak merasa tenang dan fokus saat mengerjakan tugas sekolah di dalam ruangan.

Jika ingin menghadirkan warna lainnya, cobalah hijau, biru, lavender, kuning, dan pink dalam rona pastel. Meski warna-warni, ini masih bernuansa tenang. 

Baca juga: 7 Ide Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Biaya Minim

Hadirkan elemen natural

Ternyata, elemen natural bisa membuat kamar tidur anak terasa aman dan nyaman. Coba hadirkan tema alam seperti safari, hutan, atau pantai yang mencakup mural pada dinding. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com