Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghadirkan Gaya Japandi di Rumah dengan Biaya Minim

Kompas.com - 11/09/2022, 11:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Tanpa disadari, gaya hidup praktis dan lebih simpel mempengaruhi desain interior rumah masyarakat.

Dengan gaya hidup seperti itu, terciptalah desain interior yang memadukan gaya Jepang dan Skandinavia atau Japandi

Baca juga: Mengintip Tampilan Rumah Kecil Bergaya Japandi di Ibu Kota

Kania Bunga, Interior Communication Manager Dekoruma, menjelaskan, gaya interior Japandi memiliki ciri khas fungsional dan sederhana, tapi penuh estetik dan dibutuhkan kaum milenial saat ini.

Kania memaparkan Japandi dapat diaplikasikan pada setiap ruangan karena gaya ini menampilkan kesan simpel dan mudah dikombinasikan.

Selain itu Japandi, Kania menjelaskan, gaya desain interior berkonsep kombinasi filosofi hidup, yaitu konsep estetika Wabi-sabi dari Jepang dan Lagom sebagai gaya hidup masyarakat, dapat digunakan di rumah atau tempat tinggal sewaan dengan biaya minim. 

Baca juga: Dekoruma Experience Center Hadir di Bali

Ilustrasi desain Japandi, Ilustrasi ruang keluarga bergaya Japandi.Shutterstock/CREATIVE WONDER Ilustrasi desain Japandi, Ilustrasi ruang keluarga bergaya Japandi.
Untuk mengaplikasikan gaya desain interior ini dengan biaya minim, penting memperhatikan pemilihan material furnitur

"Ciri khas dari gaya interior adalah warna kayu yang netral, jadi bisa disesuaikan dengan furnitur yang ada, tidak harus penggunaannya kayu asli," katanya dalam acara pembukaan Dekoruma Experience Center di Bali, baru-baru ini. 

Kania menyarankan menggunakan bahan material HPL atau kayu olahan untuk bisa menekan biaya. Selain itu, untuk area lantai, gunakan lantai vinyl yang memiliki warna kayu netral, yang menjadi salah satu ciri khas gaya Japandi.  

Baca juga: Mengenal Desain Bergaya Japandi dan Cara Menerapkannya di Rumah

Kania mengungkapkan gaya interior Japandi masih bisa dikombinasikan dengan beberapa warna di dalamnya.

"Ini kan mudah sekali untuk dikombinasikan, jadi bisa main di elemen aksesori juga, misalnya, menambahkan warna lebih cerah di beberapa aksen aksesori," ucapnya.

Kania menambahkan bahwa Japandi menjadi gaya desain interior yang memiliki usia panjang atau long lasting, terutama di kalangan anak muda.

"Japandi akan bertahan di kalangan anak muda karena memiliki ciri khas simple dan lebih bisa dapat bertahan dengan waktu yang panjang," tutup Kania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com