Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keunggulan Menggunakan Peralatan Memasak Berwarna Hitam Matte

Kompas.com - 07/09/2022, 17:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan memasak menjadi item yang digunakan setiap harinya di dapur. Tak heran, membuat peralatan ini mudah mengalami kerusakan seperti terkena noda, goresan, hingga berubah warna. 

Untungnya, untuk meminimalkan risiko kerusakan tersebut, menggunakan peralatan masak berbahan tahan karat menjadi pilihan tepat, terlebih yang memiliki finishing hitam matte.  

Baca juga: 3 Material Peralatan Memasak yang Dapat Menghemat Gas

Peralatan memasak dengan finishing ini dapat bertahan lama dan tetap bagus seperti pertama kali digunakan.

Apalagi, menurut Pioneer Industries, warna hitam matte cocok dipadukan dengan desain interior apa pun, termasuk tema tradisional atau modern.

Jika masih ragu memilihnya, berikut keunggulan menggunakan peralatan memasak hitam matte dikutip dari House Digest, Rabu (7/9/2022). 

Baca juga: 5 Tips Memilih Peralatan Memasak yang Tahan Lama 

Menambah kehangatan

Ilustrasi wajan besi cor, panci besi cor.SHUTTERSTOCK/ARINA P HABICH Ilustrasi wajan besi cor, panci besi cor.
Hitam dapat menambah kehangatan dan peralatan masak hitam matte sebenarnya dapat menambahkan banyak warna ke ruangan mana pun.

Baja tahan karat dapat terlihat bersih dan efisien di ruang mana pun, tetapi juga dapat menciptakan suasana dingin yang terasa terlalu seragam pada desain tertentu.  

Menyamarkan noda

Membersihkan peralatan memasak seperti tidak ada habisnya, terlebih bila terdapat goresan atau noda. Mengelap unit-unit ini secara terus-menerus dapat memakan waktu dan melelahkan, tetapi hal ini diperlukan untuk bahan logam dan baja agar tidak terlihat kumuh.

Salah satu keuntungan memilih peralatan masak hitam matte adalah kemampuannya  menyembunyikan kotoran, noda, dan goresan yang lebih baik daripada baja tahan karat atau kaca.

Menurut Bray & Scarff, hasil akhir ini menyerap cahaya daripada memantulkannya, yang berarti masalah seperti sidik jari menjadi hampir tidak ada. 

Baca juga: Tak Kuno, Ini Manfaat Memasak dengan Peralatan Masak dari Tanah Liat 

Elemen yang menenangkan 

Karena hitam matte bisa terasa kurang keras dan lebih mudah didekati daripada peralatan hitam standar, emosi dan getaran yang diciptakannya adalah perpaduan antara ketenangan dan kenyamanan.

Potongan-potongan yang lebih lembut ini dapat membuat suatu area tidak terlalu mengganggu dan menciptakan ruang aman yang membuat orang merasa diterima.

Terlepas dari apakah rumah Anda lebih ke desain tradisional atau condong ke interior modern, peralatan hitam matte dapat dengan mudah menambahkan tekstur serta kedalaman tanpa terlihat mengganggu. 

Baca juga: Mengenal Jenis Material Peralatan Memasak yang Awet dan Tahan Lama 

Mudah dikombinasikan

Ilustrasi wajan besi cor.SHUTTERSTOCK / Aleksei Isachenko Ilustrasi wajan besi cor.
Hanya karena peralatan memasak berwarna hitam matte, bukan berarti harus menahan diri untuk tidak menggunakan bahan dan pelapis lain.

Salah satu bagian terbaik menggunakan peralatan hitam matte di dapur adalah mudah dikombinasikan dengan peralatan warna lain sehingga menciptakan kedalaman dan tekstur di dalam ruangan yang membuatnya lebih menarik serta interaktif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com