Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing Terbaik untuk Keluarga, Ada Beagle dan Pudel

Kompas.com - 26/08/2022, 11:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih anjing peliharaan untuk menemani Anda dan keluarga di rumah tidak boleh asal dilakukan, terlebih bila rumah memiliki anak-anak dan orang lanjut usia atau lansia.

Anjing keluarga terbaik adalah memiliki kepribadian santai, lembut, penyayang, menyenangkan, mudah akrab orang, terlebih anak-anak, serta mengikuti arus dalam rumah tangga yang sibuk.

Nah, disadur dari Embrace Pet Insurance, Jumat (26/8/2022), berikut lima ras anjing terbaik untuk keluarga.  

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Beagle, Melacak Kejahatan dan Deteksi Kehamilan 

Golden retriever

Golden retriever menempati urutan teratas daftar ras anjing terbaik untuk keluarga dengan alasan bagus. Anjing ramah ini menjalani hidup seolah-olah mereka belum pernah bertemu orang asing, mudah dilatih, serta menikmati rumah yang menyenangkan.

Namun, lantaran anjing yang aktif, Golden retriever bisa sedikit kasar. Anjing ini bisa melepaskan (banyak) dan cenderung mengunyah sesuatu. 

Beagle 

Beagle menempati urutan teratas untuk anjing kecil yang dapat bergaul dengan anak-anak karena mereka adalah teman yang kuat dan memanjakan.

Meski ras anjing pemburu, Beagel senang meringkuk dan menyukai siapa pun, baik orang tua maupun anak-anak. 

Namun, Beagle adalah ras anjing paling vokal dan memiliki indra penciuman tajam. Beagle bisa menggonggong ketika melihat orang asing berdiri jauh di rumah Anda sehingga menjadikannya anjing penjaga rumah terbaik. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Beagle, Melacak Kejahatan dan Deteksi Kehamilan 

Labrador retriever

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Shutterstock/Rosa Jay Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Sama dengan Golden retriver, sepupunya Labrador retriever mempunyai kepribadian menyenangkan, aktif, dan menawan sehingga menjadikannya ras anjing terbaik untuk keluarga

Labrador retriever menyukai permainan lempar tangkap atau balapan di halaman belakang, menjadikan teman bermain yang hebat.

Labrador retriever menjelajahi segala sesuatu dengan mulutnya dan begitu ada sesuatu di sana biasanya akan dikunyah, bahkan kadang-kadang ditelan.

Untuk itu, ajari anak-anak menyimpan mainannya sehingga tidak ada yang rusak digigit atau ditelan anjing Labrador retriever. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Suka Bermalas-malasan, Ada Shih Tzu dan Chihuahua 

Pudel

Ilustrasi anjing pudel.Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi anjing pudel.
Pudel sangat cerdas dan cepat dilatih. Pudel bisa menjadi anjing mini, berukuran sedang, atau besar, pilihan baik untuk preferensi ukuran apa pun.

Pudel umumnya anjing peliharaan pendiam, tidak terlalu keras kepala, dan membutuhkan latihan dalam jumlah sedang sehingga perawatannya sedikit lebih rendah daripada beberapa ras anjing lainnya.  

Baca juga: 10 Fakta Menarik Anjing Pudel, Si Kecil Berbulu Keriting yang Cerdas

French bulldog 

French bulldog termasuk ras anjing terbaik untuk keluarga karena dikenal penuh kasih sayang, setia, dan akrab dengan orang-orang, terutama anak-anak.

French bulldog tidak membutuhkan banyak latihan dan rumah yang besar. French bulldog memiliki kebutuhan perawatan yang sangat minim sehingga membuatnya menjadi anjing peliharaan yang santai.

Namun, terkadang French bulldog bisa sedikit keras kepala sehingga perlu memberinya pelatihan konsisten dengan semua anggota keluarga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com