Kompas.com - 14/08/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pudel atau Poodle adalah salah satu anjing yang paling langsung dikenali dari semua ras anjing.

Anjing Pudel mudah dikenali dari tampilannya karena bulunya yang keriting serta memiliki penampilan yang bergaya, lucu, dan menggemaskan. 

Baca juga: Kenali, Ini 3 Jenis Anjing Pudel Utama di Dunia

Kebanyakan anjing Pudel betina sering kali didandani dengan cantik dan menggemaskan seperti bulunya diikat atau dikenakan jepitan rambut. 

Selain itu, anjing Pudel juga lincah, setia, termasuk ras anjing cerdas, mudah dilatih, ramah, serta mudah beradaptasi dengan rumah tangga mana pun, baik anak-anak maupun lansia. 

Sama dengan ras anjing lainnya, pudel kaya sejarah dan fakta menarik. Nah, berikut fakta menarik anjing Pudel dikutip dari American Kennel Club (AKC), Minggu (14/8/2022). 

Baca juga: 10 Ras Anjing Ini Mudah Dilatih, Pudel hingga Doberman

Pudel pertama kali berasal dari Jerman, bukan Prancis

Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Toy Poodle.SHUTTERSTOCK / studio hoto Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Toy Poodle.
Meski merupakan anjing nasional Prancis, Pudel sebenarnya berasal dari Jerman. Nama berkembang biak berasal dari kata Jerman, "pudel" atau "pudelin," yang berarti "mencipratkan air."

Faktanya, istilah "Poodle Prancis" adalah istilah yang salah. Di Prancis, rasa anjing ini disebut Caniche dari bahasa Prancis untuk "anjing bebek."

Pudel awalnya dibiakkan sebagai anjing pemburu 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Pudel adalah bisa berburu. Pudel dinamai setelah memercikkan air karena anjing-anjing ini pada awalnya dibiakkan untuk memburu unggas air.

Tugas anjing Pudel adalah membawa bebek dan burung lain kembali ke tuannya. Pudel tidak kehilangan keterampilannya selama bertahun-tahun. Beberapa pemburu unggas air masih menggunakan pudel di lapangan sampai sekarang. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Pintar, German Shepherd hingga Pudel 

Potongan bulu pudel dimaksudkan untuk fungsi, bukan mode

Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Standard Poodle.SHUTTERSTOCK / Jane Rowden Ilustrasi anjing - Ras anjing pudel jenis Standard Poodle.
Banyak anjing Pudel yang memiliki bulu dengan potongan unik seperti kepulan atau bola bulu pada bagian tubuh tertentu seperti kaki dan kepala. 

Halaman:
Sumber akc.org


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.