Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 11:21 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menanam bawang putih yang benar menjadi kunci kesuksesan dalam budidaya komoditas sayuran ini. Sebenarnya, budi daya bawang putih tidak jauh berbeda dengan bawang merah.

Perbedaan yang paling mencolok hanya pada lokasi tanamnya. Bawang merah akan tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran rendah, sedangkan bawang putih akan tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran tinggi.

Sebagai salah satu komoditas penting, kebutuhan bawang merah sangatlah tinggi. Sayangnya, kebutuhan tersebut belum bisa dipenuhi oleh produksi bawang putih dalam negeri, sehingga mengharuskan pemerintah melakukan impor bawang putih.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Pot agar Cepat Tumbuh

Ilustrasi menanam bawang putih.SHUTTERSTOCK/ALICJA NEUMILER Ilustrasi menanam bawang putih.

Menurut laporan dari Badan Pusat Statistik, jumlah bawang putih yang diimpor pada tahun 2020 mencapai 587,74 juta kilogram (kg).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri yaitu dengan melakukan budidaya bawang putih yang benar.

Dikutip dari penjelasan di buku Teknologi Budidaya Bawang Putih Ramah Lingkungan, Rabu (10/8/2022), berikut tata cara menanam bawang putih agar hasilnya melimpah.

1. Menyiapkan bibit berkualitas

 

Pemilihan bibit merupakan hal yang sangat penting, karena akan berpengaruh terhadap cara budidaya dan umbi yang akan dihasilkan. Bibit bawang putih yang baik yaitu bibit yang bebas dari hama dan penyakit, keaslian bibit terjamin dari adanya label sertifikasi, serta memiliki ukuran 1.5-3.0 gram.

Baca juga: Bisakah Menanam Bawang Putih yang Dibeli di Pasar? Ini Penjelasannya

2. Persiapan lahan

Setelah menyiapkan bibit unggul, cara menanam bawang putih selanjutnya yaitu menyiapkan lahan budi daya.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam bawang putih harus digemburkan dan diberi pupuk kandang terlebih dahulu supaya umbi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com