Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2022, 13:10 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam kacang hijau sejauh ini banyak dilakukan area persawahan. Padahal, kacang hijau termasuk komoditas yang bisa ditanam di lahan kritis seperti lahan kering.

Meski demikian, budidaya kacang hijau di lahan yang kurang subur, perlu perlakukan khusus agar tanaman tetap tumbuh baik dan hasil panennya tetap maksimal. 

Baca juga: Cara Menanam Kacang Hijau di Kapas agar Cepat Tumbuh

Lalu, bagaimana cara menanam kacang hijau di lahan kering?

Mengutip dari buku Kacang Hijau karya Purwono dan Rudi Hartono, Minggu (31/7/2022), berikut cara menanam kacang hijau.

Pengolahan tanah

Ilustrasi pengolahan lahanGoumbik Ilustrasi pengolahan lahan

Langkah pertama yang harus dilakukan saat  menanam kacang hijau adalah mengolah tanah atau lahan yang akan digunakan. Pada lahan kering atau tegalan, pengolahan tanah dilakukan dengan cara membajak atau mencangkul dengan kedalaman 20-30 sentimeter. 

Setelah selesai dibajak, tanah dibiarkan terlebih dahulu supaya terjadi proses oksidasi. Selanjutnya, mempertimbangkan kondisi tanah. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Berdaun Banyak dan Rimbun

Jika tanah berat, perlu dilakukan pembajakan kedua dan penggaruan. Sedangkan, apabila tanahnya ringan, mpembajakan cukup dilakukan sekali saja dan bisa langsung ke tahap penggaruan. 

Dalam proses pengolahan tanah, Anda juga harus membuat petakan, meratakan petakan, dan membuat parit di antara petakan tersebut. Biasanya, petakan dibuat dengan lebar tiga sampai empat meter atau menyesuaikan dengan luas lahan.

Baca juga: 7 Cara Menanam Cabai dengan Sistem Hidroponik

Pengapuran

Bersama dengan pembajakan, lakukan pengapuran agar pH tanah seimbang. Kegiatan pengapuran sangat dianjurkan untuk tanah dengan pH kurang dari 5,5.

Tahapan dilakukan dengan cara menaburkan kapur secara langsung di atas lahan, lalu campur dengan lapiran tanah sedalam 20-30 sentimeter. Setelah pengapuran, tanah harus didiamkan selama kurang-lebih dua sampai empat minggu. 

Baca juga: 9 Jenis Cabai dengan Varietas Unggul di Indonesia

Menentukan pola tanam

ilustrasi menanam kacang hijauBinyamin Mellish ilustrasi menanam kacang hijau

Selanjutnya, cara menanam kacang hijau adalah menentukan pola tanam yang akan digunakan. Kacang hijau merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan secara monokultur maupun tumpangsari. 

Monokultur adalah cara budidaya tanaman tunggal, sedangkan tumpangsari adalah menanam lebih dari satu komoditas dalam satu lahan pada waktu bersamaan.

Pada lahan kering, kacang hijau biasanya ditanam setelah jagung atau tanaman umbi. Selain itu, kacang hijau juga bisa ditanam bersama jagung dengan sistem tumpangsari.

Penentuan pola tanam bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi iklim, dan lahan tempat budidaya.

Baca juga: Cara Menanam Nanas Madu hingga Panen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com