Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanda Panel Listrik Bermasalah dan Perlu Memperbaruinya

Kompas.com - 17/07/2022, 08:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panel listrik bertugas menghubungkan saluran listrik utama ke rumah dan mendistribusikan jumlah daya yang sesuai untuk setiap ruangan

Panel listrik ibarat sebuah gudang listrik. Ketika dapur atau ruang tamu "memesan" listrik, gudang mengirimkan jumlah yang tepat. 

Baca juga: Patut Dicoba, Ini 6 Tips Sederhana Menghemat Listrik di Rumah

Namun. terkadang pesanan atau aliran listrik tersebut datang terlalu banyak. Ketika ini terjadi, gudang untuk sementara menghentikan pengiriman guna melindungi rumah dari bahaya listrik yang serius, termasuk kebakaran

Karena itu, penting memperhatikan kondisi panel listrik. Panel yang tidak berfungsi maksimal akan menunjukkan tanda-tanda peringatan seperti lampu berkedip atau bau aneh. 

Sayangnya, hal-hal ini kurang mendapat perhatian beberapa pemilik rumah lantaran pabrikan mendesain panel listrik agar tidak terlihat. Akibatnya, sangat mudah melupakannya sampai masalah serius menuntut perhatian kita. 

Nah, berikut sejumlah tanda panel listrik bermasalah dan perlu memperbaruinya dikutip dari Angi, Minggu (17/7/2022). 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Ruang Mencuci yang Hemat Listrik  

Panel listrik berjuang memberi daya

Ilustrasi listrik, Ilustrasi meteran listrik.Shutterstock/Sunshine Studio Ilustrasi listrik, Ilustrasi meteran listrik.
Umur rata-rata panel listrik adalah 25-40 tahun. Jika tidak melihat tanda-tanda jelas pemutus sirkuit sedang berjuang untuk memberi daya pada rumah Anda, sebaiknya meminta ahli listrik profesional untuk mengeceknya.

Ahli listrik dapat dengan cepat mengevaluasi sistem kelistrikan di rumah Anda. Harap dicatat bahwa memperbarui panel listrik berbahaya dan hanya boleh ditangani ahli listrik profesional. 

Terus-menerus membalik pemutus

Panel listrik mengalami masalah ketika area rumah mencoba menarik terlalu banyak daya sekaligus. Ketika ini terjadi, Anda harus membalik pemutus yang terpengaruh agar daya mengalir kembali. 

Ini tidak secara otomatis menandakan masalah. Namun, apabila Anda terus-menerus membalik pemutus, sudah waktunya memeriksa pemutus.  

Baca juga: 5 Tips Menjaga Keamanan Listrik di Rumah

Panel listrik tidak menggunakan pemutus

Ilustrasi meteran listrik, ilustrasi listrik.Shuterstock Ilustrasi meteran listrik, ilustrasi listrik.
Meski pemutus arus dapat menjadi tanda sudah waktunya meningkatkan panel listrik, ada beberapa panel listrik yang tidak menggunakan pemutus sama sekali.

Di rumah-rumah yang dibangun sebelum 1960, panel sekering mengarahkan listrik. Saat itu, panel sekering menjadi revolusioner, tapi sekarang membawa bahaya kebakaran dan harus menggantinya.

Jika Anda harus mengganti sekering alih-alih membalik pemutus, saatnya untuk meningkatkan. 

Baca juga: 7 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah Sewa

 

Tidak cukup outlet

Apakah Anda sering meraih soket ekstensi untuk menebus kekurangan outlet listrik di smua area rumah? Ini adalah tanda bahwa panel listrik tidak dapat menangani peningkatan aliran listrik.

Jika panel dapat mengakomodasi sirkuit tambahan, teknisi listrik dapat memasang outlet tambahan. Tetapi jika tidak bisa, menggantinya adalah pilihan terbaik Anda. 

Baca juga: Boros Listrik? Ini 6 Cara Menciptakan Dapur Hemat Energi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com