Kompas.com - 07/07/2022, 07:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyewa rumah menjadi salah satu solusi mendapatkan tempat tinggal di tengah meningkatnya harga rumah di perkotaan.

Dalam menyewa rumah, ada beberapa perjanjian antara setiap pemilik rumah dan penyewa, salah satunya pembayaran listrik bulanan. 

Baca juga: Boros Listrik? Ini 6 Cara Menciptakan Dapur Hemat Energi

Ada pemilik rumah yang menyewakan rumah sudah termasuk biaya listrik, ada pula di luar pembayaran listrik. 

Jika menyewa rumah di luar pembayaran listrik, tentunya penghematan penggunaan energi dapat meringankan tagihan listrik setiap bulan. 

Dilansir dari The Washington Post, Kamis (7/7/2022), ada langkah-langkah sederhana dan murah yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan energi di rumah sehingga menghemat tagihan listrik. 

“Dengan menggunakan lebih sedikit energi, itu berarti sistem utilitas menghasilkan lebih sedikit energi,” kata Lizzie Rubado, Manajer di Energy Trust of Oregon, Amerika Serikat (AS).

Berikut tujuh cara menghemat penggunaan listrik di rumah sewa.  

Baca juga: 6 Benda yang Dapat Merusak Energi di Kamar Tidur 

Ganti bola lampu

Ilustrasi lampu LED. SHUTTERSTOCK/DKAI Ilustrasi lampu LED.
Rubado mengatakan sudah waktunya membuang lampu pijar 60 watt itu. Menurut Consumer Reports, bohlam LED menggunakan 75-80 persen lebih sedikit energi. 

Jika merasa kewalahan mengganti semua bohlam lampu, Rubado merekomendasikan memulai dengan lima lampu yang paling sering digunakan. Jangan lupa menukar kembali lampu saat pindah. 

Menghemat air

Kathryn Kellogg, pendiri Going Zero Waste, sebuah platform yang mempromosikan kehidupan ramah lingkungan, merekomendasikan beralih menggunakan pancuran atau shower aliran rendah yang mengeluarkan lebih sedikit air. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.