Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengubah Tampilan Kamar Mandi Menjadi Lebih Praktis dan Menarik

Kompas.com - 13/07/2022, 14:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kamar mandi merupakan salah satu ruangan terpenting di rumah karena ada banyak hal penting yang dilakukan di ruang kecil ini. 

Mulai dari, mandi, merawat tubuh, membuang air kecil dan besar, relaksasi, hingga mencari inspirasi atau ide. Ditambah, banyak dari kita memulai dan mengakhiri hari di kamar mandi, baik itu mencuci wajah maupun mandi malam. 

Baca juga: 6 Langkah Membersihkan Kamar Mandi Secara Mendalam

Karena itu, penting mendesain kamar mandi dengan tepat untuk memperoleh manfaat tersebut. Namun, ada banyak aspek ruangan yang perlu dipertimbangkan saat mendesain atau merombak ulang kamar mandi. 

Warna, permukaan, bentuk, dan adalah beberapa elemen yang harus dipilih cermat untuk mendapatkan kamar mandi yang sesuai dengan kebutuhan. 

Elemen lain yang tak kalah penting adalah memastikan kamar mandi lebih praktis sehingga memudahkan kegiatan dan pembersihan. 

Dilansir dari My Decorative, Rabu (13/7/2022), berikut beberapa tips mengubah tampilan kamar mandi menjadi lebih praktis dan menarik. 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Kamar Mandi

Beralih ke panel

Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu. Shutterstock/Peshkova Ilustrasi kamar mandi dengan warna abu-abu.
Langkah pertama dan terpenting merenovasi kamar mandi menjadi lebih praktis adalah memulainya dari permukaan dinding.

Pada masa lalu, banyak pemilik rumah beralih ke ubin saat mendesain dinding kamar mandi mereka. Meski kedengarannya tidak terlalu buruk, ada pilihan populer lain yang beredar di dunia modern, yakni penggunaan panel.

Panel adalah alternatif modern yang ramping untuk ubin konvensional dan dengan cepat menjadi pilihan semua orang.

Meski biaya desain awal panel sering kali lebih tinggi daripada pemasangan ubin, panel selalu bernilai pada akhirnya. Tidak seperti ubin, panel membutuhkan lebih sedikit perawatan dan pembersihan untuk membuatnya bertahan lama. 

Baca juga: 5 Ide Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Buat ilusi ruang

Terlepas dari ukuran kamar mandi, pilihan desain menentukan jumlah ruang yang tersedia untuk Anda. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan skema warna dapat menciptakan ilusi ruang di kamar mandi?

Skema warna telah lama dikenal karena fitur estetikanya, tetapi di luar itu, skema warna juga dapat digunakan untuk memaksimalkan ruang di kamar mandi.

Dengan kombinasi warna yang tepat, perpaduan warna yang sempurna dengan warna kontras atau aksen dinding, Anda dapat mengubah kamar mandi kecil menjadi besar, lapang, dan luas. Beberapa kombinasi warna populer, di antaranya putih dengan aksen, nada jeruk, nuansa laut, dan pastel cantik. 

Baca juga: Kamar Mandi dengan Dua Pintu, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Pilih material imitasi

Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi. Shutterstock/Beyond Time Ilustrasi lantai kayu di kamar mandi.
Saat ini, nuansa bersahaja dan nada alami dengan cepat menjadi pilihan kamar mandi yang populer. Terlepas dari tingkat kehalusan dan keanggunan yang dimiliki, nada alami, seperti marmer dan granit, tetap merepotkan untuk dirawat.

Marmer, misalnya, tidak tahan air serta mudah terkena noda dan kotor, yang berarti lebih banyak pekerjaan dalam hal pembersihan dan pemeliharaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com