Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Kucing Peliharaan Stres Saat Pindah ke Rumah Baru

Kompas.com - 06/07/2022, 13:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Moving.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, beradaptasi dengan lingkungan baru merupakan hal sulit bagi hewan peliharaan seperti kucing.

Begitu pun, pindah rumah bersama kucing peliharaan bisa menjadi pengalaman menyulitkan dan tak menyenangkan bagi kebanyakan pemilik kucing. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah Bersama Hewan Peliharaan

Sebab, pada dasarnya, kucing adalah makhluk teritorial. Transisi dari rumah yang biasa ditempati ke rumah baru dapat menyebabkan kucing stres, bahkan untuk kucing paling santai sekali pun.

Membuat kucing peliharaan merasa nyaman di rumah baru adalah tugas Anda sebagai "orang tua" hewan. Karena itu, penting mempersiapkan sejumlah hal dan membuat kucing merasa nyaman di rumah baru.

Sebetulnya, bagi kucing, pindah ke rumah baru mirip dengan saat hari pertama mereka diadopsi. Kucing peliharaan akan menemukan pemandangan dan aroma baru yang berlimpah, yang membuatnya harus menyesuaikan diri dengan lingkuangan baru tersebut. 

Meski ada banyak hal untuk dijelajahi, ada juga berbagai hal yang membuat kucing lelah, terlebih pada hari-hari pertama pindah rumah. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Jasa Pindah Rumah

Tanda-tanda kucing stres saat pindah rumah

Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.Shutterstock/Xeniya Butenko Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.
Sulit mengenali dan membuat kucing peliharaan bebas stres saat pindah ke rumah baru, tetapi waspadalah terhadap tanda-tanda stres yang tampak berlebihan atau terus-menerus ada selama beberapa hari. 

Dilansir dari Moving, Rabu (6/7/2022), berikut sejumlah tanda kucing stres saat pindah ke rumah baru. 

Baca juga: Bolehkah Memberikan Obat Cacing Manusia ke Kucing yang Cacingan?

  • Vokalisasi berlebihan
  • Menggaruk berlebihan
  • Melakukan perawatan diri berlebihan
  • Bersembunyi dan menarik diri dari interaksi
  • Terengah-engah atau meneteskan air liur
  • Mata berair atau hidung meler
  • Diare
  • Kurang nafsu makan
  • Kelesuan
  • Jarang buang air kecil atau membuang kotoran di luar kotak pasir kucing
  • Menyemprotkan urine
  • Bersikap agresi atau menyerang. 

Sebagai pemilik kucing, tentu Anda mengenal sahabat bulu lebih baik daripada siapa pun. Untuk itu, jika melihat satu atau lebih dari tanda-tanda kucing stres di atas, segera menghubungi atau membawa kucing peliharaan ke dokter hewan. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kucing Stres agar Tenang dan Nyaman

Berapa lama kucing merasa nyaman di rumah baru?

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/MirasWonderland Ilustrasi kucing Ragdoll.
Lamanya waktu yang dibutuhkan kucing untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya sangat bergantung pada temperamennya.

Beberapa kucing peliharaan langsung merasa betah dan tidak membutuhkan penyesuainnya kembali untuk beradaptasi dengan rutinitas seperti di mana lokasi kotak pasir, mangkuk makanan, dan mangkuk air atau air mancur mereka berada.

Namun, kucing lain mungkin membutuhkan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk mulai merasa aman di rumah baru. 

Baca juga: Terlanjur Memberi Obat Cacing Manusia ke Kucing, Harus Bagaimana?

Hal terbaik yanga dapat Anda lakukan untuk membantu kucing peliharaan beradaptasi adalah membiarkan sahabar bulu bergerak dengan kecepatannya sendiri.

Bergerak adalah cara membebaskan kucing dari stres. Beri kucing peliharaan banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya dan jangan mencoba untuk mempercepat prosesnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com