Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur

Kompas.com - 08/06/2022, 18:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Arch Daily

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area paling sibuk di rumah membuat dapur harus didesain dengan baik sehingga membuat kegiatan di dalamnya lebih nyaman.

Teori "segitiga emas" atau "segitiga pekerjaan dapur" telah dipercaya sejak 100 tahun lalu, tetapi tetap valid hingg sekarang serta membantu dalam definisi tata letak dan organisasi fungsi. 

Baca juga: 5 Ide Desain untuk Membuat Dapur Lebih Luas 

Pada dasarnya, tiga elemen utama dapur harus terletak di setiap ujung segitiga, yakni wastafel, kulkas, dan kompor dengan fungsinya masing-masing untuk membersihkan, menyimpan, dan memasak.

Menurut prinsipnya, panjang setiap sisi segitiga harus antara 1,20 dan 2,70 meter serta kelilingnya tidak boleh kurang dari 3,96 meter atau lebih dari delapan meter.

Tentu saja, tidak selalu mungkin untuk memiliki dimensi dan proporsi yang ideal untuk menerapkan jenis dapur ini, terutama jika kita memperhitungkan dimensi lingkungan kontemporer yang semakin ramping.

Meski demikian, ada beberapa cara menghemat ruang penyimpanan di dapur seperti dilansir dari Arch Daily, Rabu (8/6/2022), berikut ini. 

Baca juga: Catat, Ini 6 Kesalahan Merenovasi Dapur yang Harus Dihindari  

Investasikan pada kabinet dapur 

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur. PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur.
Berbagai peralatan, bahan makanan, dan aksesori menempati ruang di dapur dan sangat diperlukan untuk memasak.

Peralatan portabel, misalnya, mengambil alih ruang meja kerja yang terbatas. Karena itu, piring, wajan, talenan, bahkan peralatan dapur sebaiknya disimpan dalam kabinet. 

Namun, penting memanfaatkan setiap permukaan, sudut, dan pintu yang tersedia pada kabinet dapur.  

Baca juga: Bau dan Tidak Praktis, 5 Hal Ini Tak Boleh Disimpan di Kabinet Dapur

Penyimpanan pada laci

Laci adalah cara terbaik mengatur aksesori kecil seperti peralatan makan, sendok kayu, pengupas sayuran, dan hal lainnya. Namun, laci juga bisa menjadi kacau jika sangat penuh atau tidak tertata dengan baik.

Untuk mengatasinya, bagi ruang penyimpanan pada laci sehingga membuatnya lebih teratur dan mudah ditangani. 

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Dapur Minimalis yang Bebas Berantakan 

Gunakan rak terbuka

Menempatkan rak terbuka dapat menjadikan kegiatan memasak semakin praktis. Simpan peralatan dan bahan-bahan yang paling sering digunakan ke dalam rak terbuka seperti peralatan makan, garam, minyak zaitun, merica, kain, bahkan rempah-rempah. 

Ini tidak hanya memudahkan Anda mengambil dan menggunakannya, tepi juga menghemat waktu dan tenaga tanpa harus membuka pintu, bahkan dengan tangan kotor.  

Baca juga: Catat, Ini 6 Kesalahan Merenovasi Dapur yang Harus Dihindari 

Menggantung lebih baik daripada bersandar

Ilustrasi dapur dengan warna pink pastel. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi dapur dengan warna pink pastel.
Karena ruang yang digunakan secara luas cenderung membutuhkan pembersihan sering, disarankan memiliki sesedikit mungkin barang yang bersandar pada dinding atau lantai.

Sebaiknya menyimpan atau meletakkan barang dengan menggantungnya seperti menggantung di bagian dalam pintu laci atau pintu dapur untuk membebaskan ruang sehingga memudahkan bergerak. 

Baca juga: 7 Ide Menghidupkan Tampilan Dapur Putih agar Tidak Monoton 

Pilih perlengkapan memasak yang menghemat ruang 

Beberapa perlengkapan memasak ada yang dapat mengurangi penggunaan ruang pada laci dan lemari sekaligus membuat memasak lebih mudah.

Gelas ukur, pisau, atau barang-barang yang dapat ditumpuk menjadi solusi sederhana untuk menghemat ruang penyimpanan serta membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari di dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com