Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur

Teori "segitiga emas" atau "segitiga pekerjaan dapur" telah dipercaya sejak 100 tahun lalu, tetapi tetap valid hingg sekarang serta membantu dalam definisi tata letak dan organisasi fungsi. 

Pada dasarnya, tiga elemen utama dapur harus terletak di setiap ujung segitiga, yakni wastafel, kulkas, dan kompor dengan fungsinya masing-masing untuk membersihkan, menyimpan, dan memasak.

Menurut prinsipnya, panjang setiap sisi segitiga harus antara 1,20 dan 2,70 meter serta kelilingnya tidak boleh kurang dari 3,96 meter atau lebih dari delapan meter.

Tentu saja, tidak selalu mungkin untuk memiliki dimensi dan proporsi yang ideal untuk menerapkan jenis dapur ini, terutama jika kita memperhitungkan dimensi lingkungan kontemporer yang semakin ramping.

Meski demikian, ada beberapa cara menghemat ruang penyimpanan di dapur seperti dilansir dari Arch Daily, Rabu (8/6/2022), berikut ini. 

Peralatan portabel, misalnya, mengambil alih ruang meja kerja yang terbatas. Karena itu, piring, wajan, talenan, bahkan peralatan dapur sebaiknya disimpan dalam kabinet. 

Namun, penting memanfaatkan setiap permukaan, sudut, dan pintu yang tersedia pada kabinet dapur.  

Penyimpanan pada laci

Laci adalah cara terbaik mengatur aksesori kecil seperti peralatan makan, sendok kayu, pengupas sayuran, dan hal lainnya. Namun, laci juga bisa menjadi kacau jika sangat penuh atau tidak tertata dengan baik.

Untuk mengatasinya, bagi ruang penyimpanan pada laci sehingga membuatnya lebih teratur dan mudah ditangani. 

Gunakan rak terbuka

Menempatkan rak terbuka dapat menjadikan kegiatan memasak semakin praktis. Simpan peralatan dan bahan-bahan yang paling sering digunakan ke dalam rak terbuka seperti peralatan makan, garam, minyak zaitun, merica, kain, bahkan rempah-rempah. 

Ini tidak hanya memudahkan Anda mengambil dan menggunakannya, tepi juga menghemat waktu dan tenaga tanpa harus membuka pintu, bahkan dengan tangan kotor.  

Sebaiknya menyimpan atau meletakkan barang dengan menggantungnya seperti menggantung di bagian dalam pintu laci atau pintu dapur untuk membebaskan ruang sehingga memudahkan bergerak. 

Pilih perlengkapan memasak yang menghemat ruang 

Beberapa perlengkapan memasak ada yang dapat mengurangi penggunaan ruang pada laci dan lemari sekaligus membuat memasak lebih mudah.

Gelas ukur, pisau, atau barang-barang yang dapat ditumpuk menjadi solusi sederhana untuk menghemat ruang penyimpanan serta membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari di dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/08/180800276/5-cara-memaksimalkan-ruang-penyimpanan-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke