Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2022, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kegiatan budidaya, tentu hasil yang diharapkan adalah panen yang melimpah. Tidak ada yang berharap terjadinya gagal panen.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih benih yang bermutu dan berkualitas tinggi sebelum ditanam. Salah satu cara memilih benih unggul adalah dengan menggunakan garam dan telur.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (7/6/2022), cara ini bertujuan untuk memisahkan benih yang bernas dari benih yang jelek. Cara seleksi benih ini pun sangat mudah, yaitu dengan hanya menyediakan air, garam, telur, wadah atau ember, dan benih.

Baca juga: Mudah, Cara Membuat Biji Tomat Menjadi Benih

Ilustrasi garam epsom. SHUTTERSTOCK/INEWSFOTO Ilustrasi garam epsom.

Berikut cara seleksi benih dengan menggunakan garam dan telur.

Pertama, siapkan wadah. wadah yang digunakan, boleh berupa ember atau wadah yang akan diisi air, garam, telur dan benih padi yang siap diseleksi. Masukkan air ke dalam wadah.

Untuk pengujian awal, masukkan sebutir telur ke air. Telur akan tenggelam ke dasar air karena berat jenis telur lebih besar dari berat jenis air.

Selanjutnya, masukkan garam ke dalam air, yang bertujuan agar berat jenis air garam menjadi meningkat. Masukkan garam sambil diaduk-aduk agar lebih cepat larut, tambahkan garam hingga telur bila dimasukkan menjadi terapung ke permukaan air.

Baca juga: Mudah, Cara Menyemai Benih Cabai Pakai Gelas Plastik

Masukkan telur ke dalam air. Bila telur belum mengapung, maka tambahkan lagi garam, bila sudah mengapung maka pemberian garam dihentikan.

Umumnya telur mengapung pada perbandingan 20 gram garam setiap 1 liter air. Lalu, keluarkan telur yang sudah dalam keadaan mengapung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com