Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Perbedaan Tanaman Catnip dan Catmint Sebelum Menanamnya

Kompas.com - 06/06/2022, 18:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Catnip merupakan tanaman herbal dari keluarga mint yang memiliki 250 varietas. Bernama latin Nepeta cataria, tanaman catnip berasal dari Asia dan Eropa.

Tanaman catnip memiliki aroma yang khas dan cukup kuat seperti perpaduan mint dan lemon. Aroma menyegarkan ini sangat disukai kucing, bahkan dapat memabukkan kucing karena mempunyai efek halusinasi.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Catnip, Tanaman yang Bikin Kucing Mabuk

Tanaman catnip sudah sejak lama dikaitkan dengan kucing. Biasanya, kucing akan mengendus, menjilat, menggosok, dan mengunyah tanaman catnip

Bahkan kucing bisa berguling-guling saat menghirup atau mengunyah daun catnip, kemudian berlarian di sekitar ruangan. Namun, catnip bukan satu-satunya tanaman yang bisa membuat kucing tergila-gila atau "mabuk".  

Baca juga: Benarkah Tanaman Catnip Memberi Efek Mabuk pada Kucing?

Selain catnip, ada tanaman catmint yang juga memiliki efek serupa. Efek kegembiraan dari kedua tanaman tersebut disebabkan oleh nepetalactone, bahan kimia yang secara struktural mirip dengan feromon kucing tertentu. 

Para ilmuwan menemukan tanaman catnip dan catmint mengandung jumlah nepetalactone ebih tinggi daripada anggota keluarga mint lainnya.

Meski demikian, dilansir dari Better Homes and Garden, Senin (6/6/2022), tanaman catnip dan catmint memiliki perbedaan dalam hal nilai lanskap. 

Baca juga: Apa Itu Catnip dan Kenapa Kucing Sangat Menyukainya?

Perbedaan tanaman catnip dan catmint

Ilustrasi kucing mengedus tanaman catnipSHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUCK Ilustrasi kucing mengedus tanaman catnip
Catnip dan catmint termasuk dalam genus Nepeta dalam keluarga mint. Keduanya memiliki batang persegi yang merupakan ciri khas tanaman mint 

Selain itu, keduanya menghasilkan paku bunga kecil berbibir dua yang merupakan sumber makanan berharga bagi penyerbuk.

Saat disentuh, daun aromatiknya mengeluarkan aroma seperti mint yang menurut sebagian orang agak menyengat. Kedua tanaman ini tumbuh cepat dan tahan kekeringan. 

Baca juga: Mengenal Catnip, Tanaman yang Paling Disukai Kucing dan Manfaatnya

Namun, tanaman catnip dan catmint memiliki cara menanam yang berbeda. Catnip (Nepeta cataria) adalah tanaman tahunan yang kuat dengan penampilan agak kurus di taman.

Tanaman catnip memiliki bentuk bercabang dan membentuk dedaunan abu-abu-hijau setinggi 91 sentimeter. Paku kecil bunga putih muncul di sana-sini antara musim semi dan musim gugur, tetapi tidak terlalu mencolok.

Ada beberapa jenis catmint yang berbeda, tetapi secara umum memiliki tampilan yang lebih cantik, rapi, kompak, dan gundukan dibanding catnip.

Ditambah, tanaman catmint menghasilkan paku bunga ungu yang cantik selama berminggu-minggu pada suatu waktu sepanjang musim panas. 

Baca juga: 5 Tanaman Sayuran Hijau Ini Mudah Tumbuh, Bisa Panen dalam 15 Hari

Ilustrasi tanaman catnip. Selain disukai kucing, catnip juga bisa mengusir hama kutu daun. SHUTTERSTOCK/ILIA BAKSHEEV Ilustrasi tanaman catnip. Selain disukai kucing, catnip juga bisa mengusir hama kutu daun.

Catnip dan catmint sama-sama menarik bagi beberapa kucing, tetapi sebagai kucing lebih menyukai catnip dan akan melewati catmint tanpa melihat sekilas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com