Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2021, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama setahun terakhir, kita menghabiskan sebagian besar waktu dan aktivitas di rumah. Ini dilakukan untuk menekan risiko penularan virus corona (Covid-19).

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat di tengah pandemi setahun terakhir adalah berkebun dan merawat tanaman. Banyak orang menanam tanaman hias hingga tanaman sayuran di pekarangan rumah sebagai hobil baru.

Benih tanaman pun banyak diserbu para pekebun baru ini. Nah, untuk menanam benih tanaman, Anda bisa menggunakan karton telur bekas yang biasanya langsung dibuang.

Baca juga: Cara Menanam Bayam di Pot, dari Benih hingga Dipanen

Nah, bagaimana cara menanam benih tanaman dengan menggunakan karton telur? Dilansir dari Taste of Home, Senin (24/5/2021), berikut penjelasannya.

Pertama, ambil karton telur yang terbuat dari kertas bubur dan buat beberapa lubang kecil di bagian bawah dan samping untuk aliran udara dan drainase.

Ilustrasi karton telur.PIXABAY/TONGPRADIT CHAROENPHON Ilustrasi karton telur.

Untuk memulai pembibitan, Anda pasti menginginkan campuran media tanam yang tepat untuk benih. Media tanam apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk membasahi tanah dengan air hangat.

Setelah itu, masukkan tanah ke dalam setiap lubang di karton telur.

Baca juga: 6 Tips Mudah agar Bibit Bunga Adenium Tumbuh Subur dan Bebas Penyakit

Cara menanam benih tanaman di karton telur

Baik menanam tanaman herbal, sayuran, atau jenis benih lain, Anda perlu menanam benih tanaman berdasarkan petunjuk pada paket.

Anda juga perlu memastikan untuk meletakkan bungkus plastik secara longgar di atas karton setelah menanam, ini akan membantu mempertahankan kelembaban di dalam tanah.

Penting juga agar benih tetap hangat untuk membantu memacu perkecambahan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com