Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mengatur Posisi Sofa dan Televisi yang Ideal agar Nyaman

Kompas.com - 27/05/2022, 19:42 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sofa dan TV adalah dua hal yang saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan di area ruang keluarga.

Tak hanya berfungsi sebagai area entertainment, keduanya juga memiliki peranan penting untuk membangun tampilan ruangan.

Sofa atau TV seringkali digunakan sebagai titik fokus pada ruangan, namun bagaimana jika keduanya ada pada satu ruangan?

Pengaturan tata letak seperti apa yang sebaiknya kamu lakukan agar ruangan tetap terlihat lapang dan nyaman?

Melansir dari Home Decor Bliss, Jumat (27/5/2022), berikut ini merupakan 5 tips untuk mengatur tata letak antara soda dan TV agar terlihat menarik di dalam ruangan.

Baca juga: Feng Shui Larang Ada Cermin di Belakang Sofa, Ini Alasannya

Sofa berhadapan dengan TV

Salah satu tampilan klasik antara sofa dengan TV adalah keduanya saling berhadapan. Meskipun begitu tata letak ini tidak cocok untuk semua jenis ruangan.

Beberapa ruangan memiliki area yang sempit sehingga jika kamu memaksakan tata letak yang seperti ini maka akses jalan dapat terganggu.

Tentunya kamu tidak ingin banyak orang berlalu lalang di hadapanmu saat kamu sedang menonton TV bukan? Karena itu memikirkan akses dan visibilitas sangatlah penting.

Baca juga: Terlihat Lebih Luas, 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa

Jarak ideal antara sofa dan TV

Jika kamu ingin menata sofa menghadap ke arah TV jarak terbaik antara sofa dan TV adalah 10 kaki. Namun kamu juga bisa mempertimbangkan hal lain jika ruangan tidak cukup luas.

Perhatikan ukuran sofa dan meja kopi yang kamu pilih untuk ruanganmu, ukuran sofa yang terlalu besar tentunya dapat membuat jarak antar furniture menjadi lebih dekat dan ruangan tampak sempit.

Sebelum membeli furniture seperti sofa, ukur luas ruangan untuk menentukan dimensi minimum dari sofa agar ruang gerak tetap nyaman.

Jika sofa tidak bisa menghadap ke arah TV karena jarak yang terlalu dekat, kamu bisa menyelesaikannya dengan memilih tata letak lain.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Tidak Merusaknya

Menata dua sofa di area TV

Ilustrasi sikap tanggung jawab menggunakan televisifreepik.com Ilustrasi sikap tanggung jawab menggunakan televisi

Jika kamu memiliki 2 sofa dengan ukuran yang cukup besar, kamu bisa menatanya saling berhadapan dengan TV tegak lurus diantaranya.

Namun kamu juga bisa meletakkan sofa saling berhadapan pada satu sudut dan memberi setiap orang pandangan yang lebih mudah ke arah TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com