Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terganggu Suara Bising Tetangga? Ini 5 Langkah Meredamnya

Kompas.com - 27/05/2022, 11:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tinggal di area yang padat penduduk dan ramai mungkin membuat sebagian orang merasa tidak nyaman.

Suara bising yang dihasilkan oleh suara musik, suara saat mengobrol atau bahkan suara TV yang mengganggu ini seringkali masuk ke dalam rumah.

Suara ini akan sangat mengganggu, terutama di malam hari saat kamu mencoba untuk tidur dan beristirahat. Suara bising dapat membuat tidur mu menjadi tidak nyaman bahkan dapat mempengaruhi kesehatan mu.

Melansir dari Apartment Therapy, Jumat (27/5/2022), kamu tidak perlu khawatir, atasi suara bising yang masuk ke rumah dengan 5 cara berikut ini.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Peredam Suara di Rumah

Gunakan permadani atau karpet

Karpet tak hanya digunakan sebagai dekorasi ruangan tetapi juga dapat berfungsi sebagai peredam suara dan kebisingan. Tambahkan karpet di beberapa ruangan untuk membuat ruangan menjadi lebih tenang.

Gunakan mesin white noise atau penyumbat telinga

Saat berada di area ramai kamu mungkin mengandalkan headphone untuk meredam suara bising di sekitar, namun cukup sulit untuk menggunakannya saat tidur. Pilihan terbaik untuk meredam kebisingan saat kamu akan tidur adalah membeli mesin white noise atau menggunakan penyumbat telinga. White noise dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca juga: Perbedaan Sound Absorption dan Soundproofing untuk Meredam Suara

Tambahkan lebih banyak furniture

Gelombang suara suka memantul dalam ruangan yang kosong. Untuk meredam suaranya, tambahkan beberapa furniture di ruang yang kosong. Dengan begini gema yang dihasilkan akan lebih sedikit dan kebisingan pun teratasi.

Gunakan tirai peredam suara

Umumnya tirai digunakan untuk mengontrol cahaya yang masuk ke dalam ruangan, namun ada pula tirai yang digunakan untuk mengurangi suara dari luar. Selain kebisingan, tirai ini juga memiliki fungsi ganda untuk mencegah cahaya masuk dan menjaga panas sinar matahari dari jendela.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Peredam Suara

Pemblokir suara di pintu

Alat pemblokir suara dipintu ini tak hanya berguna untuk memblokir suara dari pintu, tetapi juga dapat mencegah angin dingin masuk ke dalam rumah. Coba letakkan satu di pintu depan dan satu lagi di depan pintu kamar tidur untuk menutup celah yang bisa membuat suara bising masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com