Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Kipas Angin Gantung yang Tepat untuk Ruangan

Kompas.com - 27/05/2022, 09:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas, akan sangat menyenangkan ketika ada aliran udara sejuk yang berasal dari kipas angin. Kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit dapat melakukan tugas ini dengan mudah.

Namun demikian, kipas angin gantung tidak hanya bermanfaat saat musim kemarau atau cuaca panas. Saat musim hujan, kipas angin gantung pun dapat digunakan untuk memastikan sirkulasi udara di ruangan.

"Kita semua tahu (kipas angin gantung) membuat kita tetap sejuk di malam yang panas, tetapi manfaat dari kipas langit-langit sederhana dapat ditemukan sepanjang tahun. (Kipas angin gantung) adalah cara yang bagus untuk menjaga sirkulasi udara di rumah," kata kata pakar kategori The Good Guys Scott Bazley seperti dilansir Better Homes & Gardens Australia, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Ingin Membeli Kipas Angin Gantung? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Ilustrasi kipas angin gantung di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi kipas angin gantung di kamar tidur.

Sebagai pilihan tepat bagi mereka yang tidak memiliki akses ke AC, perkembangan teknologi modern berarti lebih sedikit listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan kipas angin di langit-langit.

Dengan demikian, sekarang ada banyak sekali pilihan kipas angin gantung yang terjangkau dan hemat energi.

Tips memilih kipas angin gantung terbaik untuk ruangan

Meskipun memilih kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit yang tepat untuk rumah Anda bisa tampak seperti pengalaman yang membingungkan, Bazley menyoroti beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kipas angin gantung

1. Desain yang tepat

“Salah satu hal pertama yang ingin Anda lihat adalah ke mana arah kipas angin langit-langit. Temukan desain yang sesuai dengan gaya ruangan Anda," saran Bazley.

Baca juga: 4 Alasan Penting Mengapa Kipas Angin Harus Rutin Dibersihkan

Setelah dipasang di langit-langit, imbuh dia, kipas angin gantung melakukan pekerjaan yang baik untuk mendinginkan seluruh ruangan. Namun, kipas angin ada di langit-langit, maka akan sulit dipindahkan.

"Jadi, pastikan Anda memilih tampilan dan nuansa yang tepat," ujar Bazley.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com