Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
drh. Aniq Syihabuddin
Dokter hewan

Dokter hewan, berpraktik di Klinik Satwakita, Yogyakarta. Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Daerah Istimewa Istimewa Yogyakarta periode 2019-2023.

Kucing Sembelit Akut: Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

Kompas.com - 14/04/2022, 14:02 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Tanya Dokter Hewan

Jangan tebak-tebak kondisi anabul

Konsultasikan soal hewan peliharaan lewat ahlinya di Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Nezkive, seorang follower akun Instagram My Kind of Life (@mykindoflife) yang merupakan bagian dari Kompas.com memiliki kucing peliharaan yang mengalami susah buang air besar. Ia menduga kucingnya mengalami sembelit akut.

Nah, apa sebenarnya penyebab kucing sembelit akut? Apa saja penyebab, gejala, dan cara menanganinya?

Nezkive mengajukan pertanyaan kepada rubrik Tanya Dokter Hewan Kompas.com mengenai kondisi kucingnya tersebut. Berikut pertanyaannya.

Baca juga: Kenali Perawatan hingga Risiko Penyakit yang Mengintai Kucing Himalaya

Sama seperti manusia yang tidak suka dengan kamar mandi bau, kucing juga tidak suka dengan kotak pasir yang kotor atau bau. Ini menjadi salah satu bau yang dibenci kucing.SHUTTERSTOCK/IMG STOCK STUDIO Sama seperti manusia yang tidak suka dengan kamar mandi bau, kucing juga tidak suka dengan kotak pasir yang kotor atau bau. Ini menjadi salah satu bau yang dibenci kucing.

@nezkive: Kucing saya 6 bulan gak bisa pup, gak mau makan, dan muntah terus. Perutnya diraba keras. Saya cari internet katanya bisa jadi sembelit akut. Penanganannya yang baik gimana ya dok?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh drh Aniq Syihabuddin. Beliau adalah dokter hewan yang berpraktik di Yogyakarta, sekaligus Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut jawaban drh Aniq terkait pertanyaan Nezkive.

Sembelit akut atau susah buang air besar dapat disebabkan berbagai hal, di antaranya kurang cairan minum, peradangan di usus besar, alergi makanan dan obesitas.

Baca juga: Kenapa Kucing Lebih Suka Tidur di Tempat Kecil? Ini Alasannya

Gejala yang ditunjukkan kucing menjadi terlihat sering mengejan, akumulasi feses membesar di usus besar, sering ke litter box tapi sulit membuang kotoran, ada kotoran sedikit seperti cairan diare keluar, dalam kondisi yang parah dapat terjadi muntah dan tidak nafsu makan.

Penanganan yang dapat dilakukan dengan memberikan pelancar keluarnya kotoran atau enema, yang berupa cairan glyserin atau obat laksansia.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com