Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Apartemen

Kompas.com - 09/04/2022, 03:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen hadir dalam berbagai ukuran luasan. Meskipun apartemen memiliki sejumlah jendela dan akses ke cahaya dan ruangan alami, namun tidak sedikit apartemen sangat kekurangan sinar matahari.

Jumlah sinar matahari yang berkurang pada siang hari bisa berdampak besar bagi tanaman hias indoor alias tanaman hias dalam ruangan.

Akan tetapi, jangan khawatir. Ada banyak tanaman yang sangat cocok dengan pencahayaan yang minim dan tempat yang sempit, serta menjadi dekorasi yang menarik bagi apartemen.

Baca juga: 4 Tanaman Hias Tangguh yang Tidak Perlu Perawatan Khusus

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Birkin.SHUTTERSTOCK/PINGKY_P Ilustrasi tanaman hias Philodendron Birkin.

"Ada berbagai tanaman yang beradaptasi dengan baik dengan kerasnya kondisi apartemen," jelas Chad Husby, dari Fairchild Tropical Botanic Garden seperti dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (9/4/2022).

Berikut beberapa tanaman hias yang mampu hidup dengan baik dan cocok dijadikan dekorasi apartemen.

1. Philodendron birkin

Philodendron birkin hadir dengan daun hijau tua yang beraneka ragam dengan garis-garis putih krem menurut Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms.

"(Tanaman) ini juga mudah tumbuh di rumah rata-rata, berkembang dalam cahaya alami atau buatan dan memaafkan Anda jika Anda lupa menyiramnya dari waktu ke waktu," ungkap Hancock.

Baca juga: Mau Bikin Taman Bergaya Jepang? Pastikan Ada 7 Tanaman Hias Ini

2. Sirih gading

Menurut Holly Minneman, merchandiser tanaman hias di Breck's, sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias yang mudah dirawat.

"Tanaman ini juga bagus karena jika tanaman merambat lebih panjang dari yang Anda suka, Anda bisa memangkasnya lebih pendek dan menempelkan potongannya ke dalam air untuk menumbuhkan akar," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com