Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Developer dalam Penyediaan Rumah, Ini yang Dilakukan BTN

Kompas.com - 01/04/2022, 17:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang atau developer memiliki peranan besar dalam penyediaan rumah untuk masyarakat. Untuk memudahkan pengembang dala penyediaan perumahan, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan siap memberikan sejumlah fasilitas.

Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menuturkan, pihaknya memberikan kemudahan proses kredit bagi para pengembang yang mempunyai rekam jejak baik. Kemudahan tidak hanya dalam bentuk pemberian suku bunga khusus, tetapi juga aturan-aturan terkait proses kredit akan direlaksasi.

“Kemudahan yang diberikan BTN ini diharapkan akan memotivasi para developer yang berkategori platinum dan gold ini untuk membangun banyak proyek perumahan dan KPR-nya dibiayai oleh BTN,” ujar Nixon dalam keterangan resmi, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Mudahkan Pemasaran Unit, BTN Hadirkan Aplikasi untuk Developer

Ilustrasi KPRUNSPLASH/TIERRA MALLORCA Ilustrasi KPR

Nixon mengatakan, pengembang sangat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan industri pembiayaan perumahan, baik KPR subsidi maupun KPR non subsidi.

Untuk itu, perseroan memiliki kewajiban mempermudah para pengembang yang memiliki rekam jejak baik ini dalam proses kreditnya.

“BTN cukup banyak melakukan kerjasama dengan developer, termasuk misalnya mempercepat dan mempermudah proses kredit dan itu yang paling penting buat developer saat ini,” sebut Nixon.

Nixon optimistis, seiring peningkatan animo masyarakat untuk memiliki rumah cukup baik karena kebijakan bekerja dari rumah atau work from home memaksa segmen masyarakat menengah bawah juga harus memiliki rumah layak huni.

Baca juga: Santri Developer Diajak Kurangi Backlog Perumahan

Hal ini mendorong angka penjualan rumah pada awal tahun ini meningkat pesat.

Menurut dia, penjualan pada bulan Januari biasanya sepi, namun tahun ini angkanya mencapai sekitar 19.000 unit sampai 20.000 unit. Bahkan, jika dilihat angka sampai bulan Maret 2022 ini pertumbuhan KPR BTN sudah sangat signifikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com