Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tidak Disukai, 7 Tren Desain Rumah Ini Kembali Populer

Kompas.com - 24/03/2022, 11:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren dan dekorasi rumah datang dan pergi serta kembali lagi. Faktanya, setiap generasi memiliki tren desain rumah tersendiri.

Banyak dari tren rumah yang populer saat ini adalah kebangkitan dari tren desain pada masa lalu. Bahkan, ada beberapa tren rumah yang sempat hits, tetapi tidak disukai saat itu, kembali viral. 

Baca juga: Kenapa Plafon Rumah Perlu Dicat Sama dengan Warna Dinding?

Lantas, apa saja tren rumah yang kembali populer? 

Dilansir dari Bobvila, Kamis (24/3/2022), berikut beberapa tren desain rumah yang kembali menjadi pusat perhatian setelah tidak disukai. 

Kuningan

Ilustrasi wastafel dapur berbahan kuningan. SHUTTERSTOCK/KELAVI Ilustrasi wastafel dapur berbahan kuningan.
Baja tahan karat dan rose gold masing-masing memiliki momennya baru-baru ini, tetapi sekarang saatnya kuningan untuk bersinar kembali.

Ketika digunakan untuk perangkat keras dan perlengkapan, logam populer ini membawa warna dan kehangatan ke dapur, kamar mandi, bahkan ruang tamu atau ruang tamu di luar ruangan

Baca juga: Simak, 5 Keuntungan Memiliki Ruang Mencuci Pakaian di Rumah

Lemari klasik

Untuk sementara waktu, rak terbuka dan lemari minimalis mengkilap menjadi hal yang populer di dapur.

Di interior ini, piring dan barang pecah belah yang ditumpuk dengan susah payah berlipat ganda sebagai kebutuhan serta dekorasi. 

Namun, tampilan yang terbuka tidak untuk semua orang dan membuat beberapa pemilik rumah merasa terlalu terang.

Saat ini, kabinet klasik kembali muncul, dan pemilik rumah dimanjakan dengan banyak pilihan dalam hal jenis bahan, warna, noda, dan pilihan perangkat keras. 

Baca juga: Kebiasaan Pembersihan yang Bikin Rumah Makin Kotor

Dinding berpanel

Sampai saat ini, berjalan ke sebuah ruangan dengan panel kayu terasa seperti melangkah kembali ke tahun 1970-an. Faktanya, pada awal renovasi, panel kayu sering kali menjadi salah satu hal pertama yang harus dilakukan.

Namun, berkat acara makeover rumah yang populer dan sedikit re-branding, panel dinding telah bangkit kembali selama beberapa tahun terakhir.

Untuk membedakan panel hari ini dari versi masa lalu, banyak desainer memasang shiplap, alur, serta mengecatnya dengan warna putih cerah untuk melawan koneksi antara panel dinding serta interior yang gelap dan suram. 

Baca juga: Hentikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Rumah Berantakan 

Tanaman hias

Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan, ilustrasi tanaman hias di ruang kerja. Shutterstock/LightField Studios Ilustrasi tanaman hias dalam ruangan, ilustrasi tanaman hias di ruang kerja.
Akhir-akhir ini, tanaman hias telah mencapai tingkat popularitas yang tinggi di antara pemilik rumah yang kekurangan alam sehingga tidak jarang melihat semua ruangan berubah menjadi "hutan". 

Mengingat kembali ke tahun 1970-an, orang-orang siap menerima manfaat kesehatan dari tanaman dalam ruangan dan menggunakannya sebagai dekorasi hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com