Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
drh. Aniq Syihabuddin
Dokter hewan

Dokter hewan, berpraktik di Klinik Satwakita, Yogyakarta. Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Daerah Istimewa Istimewa Yogyakarta periode 2019-2023.

Bulu Anjing Rontok, Apa yang Harus Dilakukan Pemilik?

Kompas.com - 20/03/2022, 20:07 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama Tabita di Jakarta memelihara beberapa ekor anjing. Namun bulu anjing peliharaannya rontok, bahkan kerontokannya cukup parah.

Untuk mengetahui penyebab bulu anjing rontok dan solusinya, Tabita mengajukan pertanyaan kepada rubrik Tanya Dokter Hewan Kompas.com.

Berikut pertanyaan dari Tabita.

Baca juga: Studi Ungkap 10 Menit Bermain dengan Anjing Bisa Kurangi Rasa Sakit

Ilustrasi anjing betina, ilustrasi ras anjing Yorkshire Terrier. Shutterstock/Eve Photography Ilustrasi anjing betina, ilustrasi ras anjing Yorkshire Terrier.

Halo Dokter,

Saya Tabita dari Jakarta. Saya pelihara empat ekor anjing, semuanya ras anjing kampung.

Anjing-anjing saya ini bulunya rontok alias shedding dok. Bahkan, shedding-nya cukup parah.

Saya sempat berpikir, apakah penyebabnya adalah karena dua di antara anjing saya sepertinya mengalami trauma dan menjadi cenderung penakut. Kalau untuk makanan, saya biasanya memberi makan campuran wet food dan dry food.

Nah, apa yang bisa menjadi penyebab anjing saya ini shedding dan apa yang bisa saya lakukan untuk mengurangi shedding pada bulu anjing saya dok?

Terima kasih atas responsnya dok.

Baca juga: 8 Ras Anjing Berbulu Keriting, Penampilannya Lucu

Pertanyaan ini dijawab oleh drh Aniq Syihabuddin. Beliau adalah dokter hewan yang berpraktik di Yogyakarta sekaligus Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berikut jawabannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com