Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Permasalahan yang Umum Dialami Tanaman Asparagus Fern

Kompas.com - 15/03/2022, 21:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam jenis tanaman hias merambat yang bisa membuat rumah terlihat lebih indah, salah satunya asparagus fern.

Tanaman dengan nama ilmiah Asparagus setaceus ini memiliki daun berwarna hijau terang sehingga mampu membuat rumah terasa segar.

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Manfaat Penting Tanah untuk Tanaman

Akan tetapi, sama dengan tanaman lain, asparagus fern bisa mengalami veberapa masalah bila tidak mendapat perawatan tepat.

Dikutip dari Mind Body Green, Selasa (15/3/2022), berikut tiga permasalahan yang umum dialami tanaman asparagus fern dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Tak Kenal Musim, Ini 5 Tanaman Merambat yang Berbunga Sepanjang Waktu

Ilustrasi pakis asparagus Ilustrasi pakis asparagus

Daunnya berubah warna dan sangat kering 

Permasalahan pertama yang dialami tanaman asparagus fern adalah daunnya menguning dan mengering.

Plant education coordinator di The Sil, Paris Lalicata, menjelaskan, daun asparagus fern yang berubah warna menjadi kuning dan mengering menandakan dua hal.

Pertama, tanaman terlalu kering dan membutuhkan kelembapan ekstra atau menerima terlalu banyak atau terlalu sedikit air.

Untuk mengatasinya, sentuh tanahnya dan pertimbangkan tingkat kelembapan rumah untuk mengetahui apa yang sedang dialami tanaman.

Baca juga: Manfaat Kompos untuk Tanaman dan Bahan-bahan yang Bisa Digunakan

Daun berguguran berlebihan

Daun asparagus fern yang berguguran daun secara berlebihan bisa menandakan bahwa tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya atau membutuhkan lebih banyak kelembapan.

Selain itu, menandakan bahwa tanaman asparagus fern menerima terlalu banyak cahaya. Coba telaah lebih lanjut langkah perawatan yang telah kamu lakukan dan mulai dari sana untuk mengatasinya. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Merambat yang Bisa Jadi Dekorasi Rak Buku

Daunnya menguning

Ilustrasi tanaman, ilustrasi asparagus fern, ilustrasi pakis asparagus.SHUTTERSTOCK / Bintoen Ilustrasi tanaman, ilustrasi asparagus fern, ilustrasi pakis asparagus.

Daun tanaman asparagus fern yang sesekali berubah warna menjadi kuning bukan masalah besar. Namun, ini menjadi masalah besar ketika banyak daun asparagus fern menguning.

Menurut Lalicata, hal ini dapat menandakan bahwa tanaman disiram secara berlebihan atau kekurangan nutrisi.

Baca juga: Ingin Koleksi Tanaman Hias Terlihat Rapi? Taruh di Rak Dinding

“Biasanya, kekurangan nutrisi hanya akan terjadi pada daun bagian bawah dan yang lebih tua. Mereka akan mulai berubah menjadi kuning pucat,” ujar Lalicata.

Apabila hal ini terjadi pada tanaman asparagus fern kamu, pertimbangkan meningkatkan rutinitas pemupukan atau mengganti air keran dengan air suling saat menyiramnya.

Baca juga: Cara Membersihkan Tanaman Dalam Ruangan dari Debu dan Hama 

Tips lain untuk dipertimbangkan

Guna mencegah tanaman disiram berlebihan, pastikan bahwa tanahnya sudah benar-benar kering sebelum menyiram tanaman

Terkait kelembapan udara rumah yang kering, kamu dapat menaruh asparagus fern beberapa kaki dari humidifier atau semprot daunnya secara rutin (misting).

Selanjutnya, jangan beri tanaman asparagus fern terlalu banyak cahaya. Jika daun tanaman mulai berubah warna atau mulai sering rontok, cobalah memindahkan pot ke area yang lebih teduh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com