Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Permasalahan yang Sering Dialami Saat Mencuci Pakaian

Kompas.com - 08/03/2022, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci menjadi peralatan elektronik yang dapat menghemat waktu dan tenaga saat mencuci pakaian.

Meski demikian, mesin cuci perlu mendapat perawatan seperti membersihkannya secara berkala. Jika tidak, ini bisa membuat mesin cuci berbau dan meninggalkan residu putih pada pakaian yang dicuci. 

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (8/3/2022), berikut cara mengatasi berbagai permasalahan yang dialami saat mencuci pakaian

Baca juga: 3 Tips Mencuci Pakaian Berbahan Kasmir agar Tidak Rusak 

Menghilangkan bau pada mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci dan ruang mencuciUnsplash/PlanetCare Ilustrasi mesin cuci dan ruang mencuci
Jika pakaian, seprai, atau handuk berbau apak saat keluar dari mesin cuci, ini berarti sudah  saatnya membersihkan mesin cuci.

Mencuci pakaian pada suhu lebih rendah memberi keuntungan seperti menggunakan lebih sedikit energi, lebih ramah lingkungan, menghemat pengeluaran.  

Namun, menjalankan siklus pendingin secara teratur dapat mendorong jamur dan bakteri menumpuk di dalam mesin cuci.

Untuk mengatasinya, gunakan pembersih mesin cuci khusus setiap beberapa minggu dan biarkan pintu mesin cuci dan laci detergen terbuka setelah setiap kali setelah mencuci pakaian. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung  

Mencegah goresan putih pada pakaian berwarna

Adanya garis-garis putih pada pakaian berwarna disebabkan detergen bubuk yang tidak larut (atau residu dari detergen tablet) dan mesin cuci kelebihan beban. 

Jika memasukkan beban terlalu besar ke dalam tabung mesin cuci, detergen dapat tersangkut  pada lipatan pakaian atau seprai. 

Beralih ke deterjen cair dapat memecahkan masalah, tetapi lebih mahal. Jika ingin menggunakan detergen bubuk, ukur jumlah detergen yang digunakan dengan tepat serta kurangi jumlah pencucian di setiap beban. 

Baca juga: Perlukah Membiarkan Pintu Mesin Cuci Terbuka Saat Tidak Digunakan? 

Cegah warna jeans memudar

Ilustrasi celana, ilustrasi jeans, ilustrasi celana jeans, ilustrasi denim, ilustrasi pakaian.SHUTTERSTOCK / c11ygyg Ilustrasi celana, ilustrasi jeans, ilustrasi celana jeans, ilustrasi denim, ilustrasi pakaian.
Sebagian besar dari Anda sudah tahu trik membalik jeans sebelum dicuci dapat membantu memperpanjang warnanya.

Namun, pastikan juga memilih detergen yang dirancang untuk digunakan pada cucian berwarna. Sebelum mencuci jeans gelap untuk pertama kalinya, rendam dalam air garam hangat untuk membantu mengatur pewarna.

Sebaiknya mencuci jeans secara terpisah dari cucian yang lain untuk pertama kali, terlebih bila ada pakaian yang luntur. 

Baca juga: Amankah Mencuci Pakaian dan Handuk Secara Bersamaan? 

Menjaga pakaian olahraga segar lebih lama

Jika pernah memperhatikan pakaian olahraga cepat berbau meski baru dicuci, pilih detergen yang sesuai dengan bahan pakaian. 

Ini akan membantu menghilangkan bakteri yang menumpuk pada pakaian olahraga, bahkan saat Anda mencuci pada suhu lebih rendah. 

Baca juga: 5 Kegunaan Baking Soda untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

Mengatasi warna pakaian yang luntur saat dicuci

Untuk menghilangkan noda warna dari pakaian putih atau seprai, periksa apakah ada simbol 'jangan gunakan pemutih' pada label perawatan.

Jika tidak, rendam pakaian dalam larutan pemutih, lalu bilas sampai bersih, dan ulangi pencuci kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com