Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Memilih Warna Cat Berdasarkan Material yang Ada pada Ruangan

Kompas.com - 01/03/2022, 18:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat untuk setiap ruangan bukan tugas mudah lantaran ada banyak pilihan warna dan variasi.

Jika tidak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa melihat bahan yang ada pada ruangan. Misalnya, untuk material kayu, sebaiknya menggabungkan beberapa warna yang kontras. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Dinding Ruangan Sempit agar Tampak Lebih Luas

Sementara, untuk bahan alami seperti batu, ada baiknya mengandalkan nuansa komplementer.

Dilansir dari Redbook Magazine, Selasa (1/3/2022), berikut beberapa rekomendasi dari desainer interior dalam memilih warna cat berdasarkan material yang ada pada ruangan.  

Kayu ringan dan merah muda

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna netral.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna netral.
Jika memiliki lantai kayu, James Farmer, desainer interior yang berbasis di Georgia, merekomendasikan menggunakan kontras yang cukup.

"Untuk warna lebih berani, merah muda dan koral terlihat bagus dengan kayu yang memiliki warna lebih terang," katanya. 

Baca juga: Catat, Warna Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Tidur Sempit 

Kayu hangat dan hijau

Sementara itu, untuk kayu hangat dan pinus, cocok dikombinasikan dengan warna hijau sage dan hijau sayuran.  

Kayu gelap dan biru lembut

Farmer menjelaskan, kayu yang lebih gelap seperti kayu pohon ceri dan mahoni cenderung lebih merah dan warna biru lembut terlihat bagus dikombinasikan dengan warna kayu gelap ini. 

Baca juga: 6 Warna Cat Terbaik untuk Ruang Kerja agar Semangat Menurut Feng Shui 

Kayu gelap dan netral

Jika tidak ingin memilih warna biru lembut untuk kombinasi kayu gelap, Farmer menyarankan mengombinasikan dengan warna netral, salah satunya putih.  

Bata dan biru

Desainer Virginia Shazalynn Cavin-Winfrey menyarankan untuk memainkan nuansa komplementer bila ruangan memiliki bahan alami.

"Satu warna tak terduga yang suka saya gunakan adalah biru, ini menciptakan kontras yang bagus dan terasa kurang formal," katanya. 

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Perlu Dihindari untuk Ruang Kerja 

Bata dan hijau

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding

Pilihan warna cantik lainnya untuk batu bata adalah hijau. Kombinasi ini akan menciptakan nuansa yang lebih lembut. Anda bisa menggunakan warna hijau pastel atau lebih terang untuk menampilkan efek lebih luas. 

Batu dan coklat

Menurut Cavin-Winfrey, untuk mengeluarkan kehangatan dari batu abu-abu, cobalah mengaplikasikan warna coklat. Batu berwarna abu-abu dengan coklat akan memberikan efek lebih hangat. 

Baca juga: Memilih Warna Cat Kamar Anak agar Menyatu dengan Ruangan Lainnya 

Kuningan dan abu-abu

Saat bekerja dengan bahan material kuningan, Cavin-Winfrey lebih menyukai nada yang lebih hangat seperti abu-abu. Ini akan meredam warna terang kuningan dan menjadikan lebih tenang.  

Metalik dan biru tua 

Desainer Keita Turner menemukan bahwa warna cat biru dengan nuansa membumi sangat cocok dengan sentuhan logam yang lebih dingin seperti krom, timah, atau baja tahan karat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com