Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Warna Cat Kamar Anak agar Menyatu dengan Ruangan Lainnya

Kompas.com - 16/02/2022, 12:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terlihat mudah, namun memilih warna cat dinding untuk kamar tidur anak menjadi hal yang rumit.

Sebab, selain memilih warna yang sesuai dengan selera unik anak, Anda juga harus mempertimbangkan apakah warna tersebut akan melengkapi ruangan lain di rumah atau tidak.

"Anak-anak berkembang dalam ruang yang penuh warna dan satu hal yang kita tahu pasti adalah bahwa warna memiliki dampak besar pada suasana hati, perasaan, dan emosi, hal-hal yang dapat terjadi di mana-mana ketika otak dan tubuh anak-anak tumbuh dengan kecepatan tinggi," kata Jessica Geller dari Toledo Geller, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain interior, dikutip dari Martha Stewart, Rabu (15/2/2022).

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur Bayi yang Menyenangkan dan Menenangkan

Ilustrasi kamar AnakPhotographee.eu Ilustrasi kamar Anak

Akan tetapi, penting juga untuk memastikan ada semacam aliran di rumah, jadi warna ini tidak boleh keluar dari bidang yang ditinggalkan. Lantas, warna apa yang paling cocok diaplikasikan di dalam kamar tidur anak agar tetap bisa menyatu dengan ruangan lainnya? 

Berikut beberapa tips memilih warna cat dinding kamar tidur anak. 

1. Tetap netral 

Sebagian besar rumah memiliki palet warna netral, dan disarankan untuk menggunakan warna yang lebih tenang untuk kamar anak-anak.

"Pilih warna cat netral yang terasa kohesif dengan sisa skema rumah, tetapi berikan sentuhan warna yang menyenangkan melalui tempat tidur dan aksesori," kata Nicole Gibbons dari Clare, sebuah perusahaan cat.

 

Baca juga: 4 Cara Menemukan Furnitur yang Tepat untuk Kamar Tidur

Juga, kombinasikan warna hitam dan putih dengan baik dengan palet netral apa pun dan buat kombinasi warna yang berani dan unik di kamar anak-anak. 

2. Konsultasikan dengan anak

Kamar tidur anak adalah kesempatan Anda dan anak untuk bereksperimen dengan bentuk dan nuansa yang menyenangkan. Itulah sebabnya Annie Sloan, pendiri Chalk Paint, mengatakan Anda harus meminta bantuan mereka saat membuat pilihan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com